Langsung ke konten utama

REKAYASA HIGHER ORDER THINKING SKILL PAUD DALAM PERSEPTIF SOCIAL PRESENCE

 

BAB 2

REKAYASA HIGHER ORDER THINKING SKILL PAUD

 DALAM PERSEPTIF SOCIAL PRESENCE

 

A.   SEUTAS TENTANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PAUD

Dimasa pandemi Covid-19 Kemendikbud telah melakukan penyesuaian kebijakan serta menyediakan inisiatif dan solosi. Nadiem Makarim melakukan moratorium berbarengan masa pandemi Covid-19 dengan prinsip kebijakan Pendidikan menjaga Kesehatan, keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran mulai dari PAUD, SD dan Pendidikan Menengah serta Perguruan Tinggi.

Pola pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Metode ini dipilih agar Pendidikan tetap hadir, dalam suasana yang menyenangkan dan aman. Sekolah bisa menentukan kurikulum yang disederhanakan sendiri, kurikulum darurat yang disusun Kemendikbud atau tetap menggunakan kurikulum 2013. Penyederhanaan kurikulum maksudnya agar peserta didik hanya mempelajari apa yang esensial saja dengan keterbatan yang ada.

Peran orangtua sangat penting dalam mengambil sikap. Kemdikbud sudah membuat modul spesifik untuk orangtua di rumah, modul tersebut sudah lengkap dengan lembar kerja. Sarana dan prasarana sudah terlengkapi seperti penyediaan internet sebagai alat penghubung antara orangtua dengan guru. Rancangan pembelajaran dibuat sederhana namun esensial aspek pengembangan anak terpenuhi.

   

B.   KOMUNIKASI PERSONAL DENGAN ORANGTUA DAN ANAK

Himbauan Mendikbud tentang belajar di rumah menjadikan semua guru Belajar Dari Rumah (BDR) dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dalam belajar. Pembelajaran memanfaatkan internet fokus utamanya adalah peserta didik/anak agar dapat belajar yang menyenangkan. Suasana pembelajaran e-learning menuntut peserta didik/anak memainkan peran yang aktif, tentunya dibarengi oleh orangtua sebagai partner guru. Guru membuat rencana, orangtua  mencari bahan dengan mencari inisiatif dan alternatif. E-learning memungkinkan pembelajaran dilaksanakan dengan lebih bermakna, dapat memilih waktu, substansi bahan ajar yang berpeluang belajar berulang kali sehingga tingkat pemahaman dapat dicapai. Pembelajaran e-learning dirancang menggunakan multimedia sehingga guru dapat belajar lebih mudah, berkesan, menarik dan pembelajaran e-learning dapat meningkatkan ketuntasan seluruh kompetensi dan aspek perkembangan.

Dalam komunikasi menemukan interpretasi dan definisi yang berbeda. Seperti yang ditunjukkan oleh penulis Lee Thayer, komunikasi merupakan contoh yang baik dari segala sesuatu yang lebih banyak bicara daripada yang sebenarnya. Kemampuan komunikasi personal fokus pada efek komunikasi pada orangtua/anak, memiliki keterampilan sama dengan membangun keterampilan komunikasi dasar dan ada kualitas humanistik dari seseorang individu orangtua/anak.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI (32)

Rabu, 29 April 2020 Tema: BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI Nara Sumber: Dr Uswadin                        Pengembang Labschool                        Ketua IKA UNJ, Kabid Pend.ISNU DKI Jakarta                        https://uswadinlabschool.blogspot.com/ Judul: Menulis Menulis Menulis Setiap Hari Oleh: Mudafiatun Isriyah         'Bermanfaatlah untuk sesama' ( Uswadin ) Assalamualaikum wr wb Profil:                                            Brebes, 15 Maret 1968 Pendidikan MP S3 UNJ Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 Pengembang Labschool UNJ Menikah dikarunia 2 anak Tinggal di Matraman Jakarta Timur Email: dinuswa15@gmail.com Motto Bermanfaatlah untuk sesam Bismillahirrohmanirrohiimm, Selamat menunaikan ibdah puasa semoga senantiasa di Rahmatan Lillalaamiinn, aamiinn Salam hangat Bapak Uswadin Memulai membuka materinya nya dengan membarikan draf tulisan di buku notes kecil.

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BUKU ELEKTRONIK (eBOOK) DENGAN GOOGLE DOC

Era digital saat ini sudah saatnya digantikan buku elektronik sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Dikenal dengan nama ebook , atau buku digital versi elektronik. Bisa simpan dalam smartphone lho. Buku beratus-ratus halaman bisa disimpan dalam bentuk digital. Itulah yang disebut ebook. Membuat ebook merupakan salah satu usaha untuk melestarikan literatur. Namun yang berbentuk buku jumlahnya banyak dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Dengan melakukan tranfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik merupakan cara yang tepat dan hemat. Saat ini cara orang membaca buku sudah berubah. Membaca buku lebih mudah bisa membaca dimana saja, tanpa membawa perangkat besar seperti tas dan lain-lain. FUNGSI DAN MANFAAT EBOOK Sebagai media informasi Mengungkapkan gagasan atau ide baru KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EBOOK . Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun Yang pasti adalah aman dan abadi. Bisa gratis dan mudah didapat Murah Nah ini dia kekurangannya. Hanya a

BONDING DENGAN KUCING INI CARANYA.

Rabu, 1-April 2020 Tema: Kucing Oleh: Mudafiatun Isriyah 'Kucing Menunggui Majikannya Di Kuburan' Tantangan siang ini OmJay menyampaikan menulis tentang Kucing, yukss siappppp. Dengan penuh semangat semua peserta grup berusaha untuk memenuhi tantangan tersebut. Ada yang langsung respon ada juga yang belum baca grup. Yang pasti dengan semangat semua peserta akan memenuhi tantangan OmJay. Baik ayukk simak dulu yaa… Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Menurut riwayat hadist yang pernah saya baca. Dan menurut salah satu sumber bahwa rata-rata kucing hidup antara 12 hingga 15 tahun, tergantung pemeliharaan baik di rumah ataupun di luar. Bahkan bisa mencapai 21 tahun harapan kucing hidup jika dipelihara dengan baik. Percaya atau tidak kalau kucing mempunyai ikatan batin ( bonding ) dengan pemilik jika dirawat sejak kecil dan dekat dengan pemiliknya. Menurut Klause dan Kennel (2009) bonding itu adalah interaksi orang tua dengan bayi. Kucing berada