KONSEP HIGHER
ORDER THINKING SKILL PAUD
A. Latar Belakang
Perkembangan Pendidikan pada abad 21 mengingatkan pada
Taksonomi Bloom yang harus memiliki keterampilan berfikir tingkat tinggi yaitu
berfikir secara kognitif dari tingkat rendah
ke tingkat tinggi. Pemikiran tingkat tinggi membuat pengajaran dan pembelajaran
lebih menarik karena menambah ketelitian intelektual dan kecakapan hidup. Bagi
Anak Usia Dini (PAUD) keterampilan tingkat tinggi adalah kunci sukses belajar
di sekolah pada semua aspek perkembangannya.
Simulasi pemikiran tingkat tinggi (HOT) memerlukan manipulasi
mental sedangkan pemikiran tingkat rendah (LOT) memerlukan penggunaan langsung
atau penerapan langsung, sebagai contoh:
1. Menghitung angka 1-10 adalah
keterampilan menyampaikan jumlah angka (LOT) tetapi membayangkan masih ada 10
hari lagi waktu ingin bertamasya (HOT). Decoding suara huruf dan mengungkap
angka 1-10 adalah (LOT), memahami apa yang didengar atau dibaca anak adalah
HOT.
2. Ketika guru menyampaikan pertanyaan,
misalnya, Apa nama bentuk ini? (sambil memegang selembar kertas bentuk
segitiga), siswa menunjukkan kertas bentuk segitiga menunjukkan LOT. Tetapi
siswa memotong selembar kertas segitiga untuk membuat segitiga sebanyak mungkin
menunjukkan HOT
Hampir setiap kegiatan belajar mengajar bisa di kembangkan
atau dimodifikasi untuk mengembangkan satu atau lebih jenis keterampilan
berfikir tingkat tinggi. Dr. Saifer untuk mencapai pada HOT dapat memodifikasi
dengan berbagai budaya, berbagai kemampuan lainnya, dan intelektual dalam
belajar.
Untuk mencapai potensi maksimal
perlu pengembangan kurikulum yang
membangun pengetahuan dan keterampilan anak-anak. Kurikulum dikembangkan dengan
fokus bagaimana anak-anak belajar dan apa yang mereka pelajari. Kurikulum yang mengeksplorasikan
akademik dengan memasukkan berbagai perspektif dan berbagai tipe anak yang
baik. Bagaimana membuat agar menjadikan anak yang bermakna.
Ada banyak diskusi tentang anak usia
dini, pentingnya guru mengembangkan hubungan yang bermakna dengan anak-anak dan
keluarga. Bagaimana pendidik yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda
dengan anak yang mereka ajar? Berikut akan dijelaskan mengenai:
· Apa yang
dimaksud HOTS PAUD?
· Aspek apa
saja yang melatarbelakangi perlunya HOTS PAUD?
· Mengapa
perlu HOTS PAUD? Adakah peluang dan kesempatan yang dimanfaatkan?
· Persiapan
seperti apa yang harus dilakukan oleh para praktisi pendidikan?
· Konteks
dan keberadaan HOTS PAUD dalam perkembangan pendidikan dan pembelajaran?
· Bagaimana alasan mendasar dan sangat prinsip yang melatarbelakangi berbagai jenjang pendidikan yang berlomba dan melibatkan serta memanfaatkan HOTS PAUD semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan.
Tunggu selanjutnya ya.....
Komentar
Posting Komentar