Langsung ke konten utama

RUMAH PERUBAHAN DAN MAHIR AKADEMY

Judul: Menciptakan Pengalaman Belajar Yang Menyenangkan
Narsum: Catur, 

Oleh: Mudafiatun ISriyah

Pengantar, 
Kita tahu tentang ....
OMO
GA MAU KETINGGALAN DARI TEMANNYA
LINGKUNGANNYA MERAS CEMAS, MENGAOA SY KOK TIDAK MEMBUAT JUGA YA, INILAH YANG MENARIK

Akumni HArvart AS, alumni lulusan digital learning dari monev Australia

KAlau ada kata menyenangkan pasti ada kata kreatif. 
Ketiganya dibungkus dalam pengalaman belajar, main game anak2 mjd tangguh keluar dari sangkar emas nya msing2

Menyapa Bang CAtur. menyapa peserta...........Hallooo Indonesia....Sulteng, Jember, Papua, Sumatera....Banjarmasin....Sorong...

Sambil berbagi dlm cerita menarik pengalaman selama masa pandemi ini, bereskperimen mencoba berbagai alternatif sambil memaparkan konten dalam pertemuan kali ini. 

Untuk Bapak ibu yang berinteraksi dengan orang tua murid ada sesi khusus yang akan dilakukn besok, di layar kaca salah satu dari mahir akademy secara terpisah sampai tgl 20 Mei berinteraksi sesi membangun kecerdasan anak dari rumah ini, kerabat2 yang membangun kecerdasan dari rumah, mjd peran rumah bukan peran guru, 


Bgmn mengajar pengalaman belajar dlm kolom chat.





Bagaimana menciptakan pengalaman belajar saat pembelajaran jarak jauh perlu kehadiran sosial atau social presence, bagaimana tentang perlunya Intimacy, Immediacy dan interactivity pada anak didik.

Menjadi menarik pada media interktif dengan bermain TAHUN, ada musik yang menegangkan, dalam proses pembelajaran ada musik interaksi ada ranking. Ibu DETA dari Lampung.Bersama Bang Vin dan Bu Risa. Tiga panelis dlm sesi menciptakan pengalaman belajar. Semenjak kegiatan Mba Risa seorang rektor ini, semua dipaksa serba online.


Mba Deta seorang....Bang Vis yang suka kreatif dg alat2 media kreatif. Bang Vin bisa melakaukan whatshap home, online dg pakar ahli perkayuan, kebutuhan meningkat karena kebutuhan alat peraga di rumah. Ide kreatifnya ada di Blog. Saat2 belajar lebih maksimal, anak2 sudah sangta erat dg teknologi baru, dan anak skr tdk kaget dg belajar learning, hanya butuh benar2 konkrit untu usia dini banyak manfaat media dr kayu. Hal2 yg menarik dari panelis.

Menciptakan pengalaman belajar yg menyenangkan yg pertaman Mba Risa sbg praktisi, hal2 yg hrs diketahui dg situasi spt ini. 
Learning eksperiantial. Learning and Teaching, bgmn pengalaman belajar saat learning eksperian. riset 
sangat cepat hal2 yg kita pelajari, misalnya skr apa yg bicara skr dlm satu jam 44% sdh lupa. bgmn cara memaksimalkan dg siswa dg tingkat pembelajaran semakin lama semakin turun.

learn 

1
2
3 umpan balik dg cepat dan pembelajaran dg cepat dan ini siklus sering berulang. 

kelas di mlg long wid beradaptasi dg

keadaaan covid, sebenarnya bkn sst ygbaru. mencoba memasukkan daring dg cepat. dg tatap muka. kadang2 memakan quota bxk the power of kepepet, sksd kebut semalam
tantangan di lapangan 
pekerjaan d rumah tdk sama dg pembelajaran. bagi siswa sering tdk sama dan mjd beban yg besar. semua mjd online, ada 7 tgs ada idsparasi dg siswa mjd lambat lagi. terkait dg itu ada ppt bukan pengganti mengajar, ppt lbh jelas dan lbh dibanyak in. ppt harusnya lbh rendah, teman2 msh muda hrs interes pelajarannya sdh tertarik semua. Jd beban bagi mereka. 
3. semakin kita mengerjakan online di video rentang perhatian berbeda, bak distrubtion, sdh bosen konsen nya hilang. nebgajar agar bisa memanfaatkan ini
4. quota internet semakai lamba
5. nnn

Mengubah kebiasaan guru
rentang kita kalo video stlh 3 menit tambah lma tambh turun perhatian tdk fokus. blog sekita r 6 mnt, video skr 18 mnt kalo tdk ada perbaruan semakin lamasemakin hilang unteres nya 

beberapa hal stlh melakukn daring ada beberapa hal sbg 
1. ketahui tujuan kita objek p[embeljaran kiata apa, apa yang kita mau freme dan goal
2. recicle tdk ada yg benar2 baru, di internet sdh ada yg pbh baru. bgmn kita mengajar yg benar2 baru, chanel youtube durasi 2 mneitan melihat dr negara satu ke negara lain. menjelaskan dg animasi yg bagus, creasion hrs tetap ada menggabungkan dr yg lain mengisi topik yang bagus
3. tool
sebelum adanya taksonomi bloom

4. eksperimen

tdk ada cara yg paling benar mencoba unt feedback. bgmn peluang yg paling pas. apakah ini lbh baik bagi mrka terus menerus feed back

problem quota, DISCORD FOCA CALL, membalas dg ketikan terjadi



PPT itu tdk cukup, apa yg kita omomngkan di kelas, point2 penting dijabarkan, misal hari itu ga cukup ya hari berikutnya di sebutkan
PErubahan itu bagus, perubahan yg membuka kunci

Ada beberapa penting

sesi bu DETA tentang Tecknologi

bgmn menggunakan media belajar dg inteaktif
metode tradisional di luar cenderung pasuf, mereka tahut pola pemblajaran guur centris 

metode pembelajaran yg ssaat ini umum belajar dari rumah guru digantikan perannya dg orang tua. 

siswa cenderung lbh aktif. siswa mjd sumber pembelajar baru guru centris mjd murid centris. bgmn guru yg merasa tdk digital? siswa digital native
sebanyak 74 guru sdh mengimplementasikan unt membantu intruksi sec faktual dari komplek mjd sederhana. siswa memiliki beberapa minat dg pola menggunakan game ada scoring ada juara 1,2,3 ada pemenang ato kala. interaksi lbh dekat dg handphone kontennya lbh menarik

yg berkaitan dg beberapa teori kecerdasan. ada 8 siswa tdk hanya terbatas kecerdasan ada hal lain dg kecerdasan itu. agar para guru mengerti kecerdasannya banyak. Pengalaman mengajar da satu siswa nilai tdk baik hampir dikeluarkan sangat pintar dlm kinestetis, pandai olga, ada pola2 nbaru dg konten media digitasl siswa lbh menarik yg ada interaksi. siswa akan lbh ada daya nalar ketima siswa memiliki main ZOOM bgmn mendapatka score yg tinggi, mjd pola pikirnya lbh kritis

konten pembelajaran interaktif dg metode TAHUN
bermain milioner dua arah presenter dg peserta, ada pilihan jawaban. isiswa diajak berinteraksi, sisstemnya rangking. bisa kelas, pembelajaran yg menggunakan diskriptif, diajak lbh katif awlnya ngantuk di dlm nya ada kompetisi dan siswa diajak lbh bersaing sevara sehat.

menggunakan realita virtual. sdh advand banget jg bisa di akses di youtube. mencari 360 realiti virtual indonesi. yg menceritakan yg menggunakan lanscap.
daerah wisata di kota jkt. virtual reality. siswa di ajak wisata di jkt. pembelajarn virtual ini siswa di ajak menjelaskan video tsb. via youtube membuat kurikulum sifstnya reflektif, apa saja yg dilihata.....apa saja nerinteraksi....dll, memanfaatkan metoe yg sdh ada....

ada tiga 
1 pola pembelajaran dr guru sentris mjd murid centris ad kolaborasi keduanya
2 siswa saat ini mrk sdh kreatif proaktif dg media yg bxk dibutuhkan gurunya yg menyesuaikan. dg apa yg ada skr guuru tdk hanya sbg pendidik tp ada fasilitastor

dlm metode tahun i ni senua mjd partisipan, anak orang tua membantu mendelegasikan dua arah keduanya. menggunaka youtube jg bisa. chanel yg lain. sebaiknya org tua di rumah jd ikut membantu


Bang Vin
alatnya di rumah menggunakan balok
Laboratorium pengolahan kayu, paud. bahan dasarnya dari kayu. berdasarkan observasi di sekolah, stimulus imajinasinya bisa berjam jam fokus berimajinasi. ada sejarah permainan balok. 
perbalokan frederik frobel membuat 
sebenarnya mnsi dr usia dini sdh mampu membuat sientifik fg  bermain rekontruksi ulang dg bermain. bisa di stimulus dg bunyi. 3 th mulai kemampuan bhs emosional. ini di stimulus dg org tua baca cerita bermain. 4 th ud masuk sekolah. dari teman2 mulai mengejar ranking. yg penting sebenarnya main. tentunya disini buka bermain bebas, di beri handpohone, main yg mendidik dg alat peraga yg sesuai
dasar2 media yg sesuai. benda itu sendiri hrs nmenarik
2 fleksibel. perkemb logika nya sejauh mana spasialnya sensornya permainan kelomp penting kemampuan sosial skill nya ...100 - 200 berebut bentuk yg di favoritkan bernegosiasi. 
3. berbahan natural tektur kayu, meraba bahan yg tentu bebas dr kimia , slim

Manfaat bermain menemukan makna
memahami dunia dg bermain
mengalami sukses misalny membuat menara ada rasa keberhasilan, atau belajar lewat kegagalan
3 sifat main dari anaknya pasti happy ini yg penting proses menggapai pengetahun lbh muda
4 keterlibatan katif. mulai terlibat cerita pd kita kalo berhasil, berekspresi
5, bermain butuh pengulangan. mengeksplor ilmu dg sendirinya. mll bermain
6 intekatif secara sosial bisa mengkounikasikan ide2. menginstruksikan pengalaman nisa di munculkan lbh interkatif

Main sensori bertujuan merangsang panca indra anak. peraba dan penciuman. Panca indranya berkembang
permainan bersifat peran. ada dua
1 memerankan sst yg pernah dia lihat. dokter2an
2 perannya dia wujudkan spt yg dia lihat. dia imajinasikan

sience tekh daring narasi guru menstimulus dr cerita2 yg menarik, arsitek dasar jalan2 online. guru menceritakan sejarah yg telah dilahat di youtube, merekonstruksi ulang.
balok wujud 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI (32)

Rabu, 29 April 2020 Tema: BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI Nara Sumber: Dr Uswadin                        Pengembang Labschool                        Ketua IKA UNJ, Kabid Pend.ISNU DKI Jakarta                        https://uswadinlabschool.blogspot.com/ Judul: Menulis Menulis Menulis Setiap Hari Oleh: Mudafiatun Isriyah         'Bermanfaatlah untuk sesama' ( Uswadin ) Assalamualaikum wr wb Profil:                                            Brebes, 15 Maret 1968 Pendidikan MP S3 UNJ Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 Pengembang Labschool UNJ Menikah dikarunia 2 anak Tinggal di Matrama...

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BUKU ELEKTRONIK (eBOOK) DENGAN GOOGLE DOC

Era digital saat ini sudah saatnya digantikan buku elektronik sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Dikenal dengan nama ebook , atau buku digital versi elektronik. Bisa simpan dalam smartphone lho. Buku beratus-ratus halaman bisa disimpan dalam bentuk digital. Itulah yang disebut ebook. Membuat ebook merupakan salah satu usaha untuk melestarikan literatur. Namun yang berbentuk buku jumlahnya banyak dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Dengan melakukan tranfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik merupakan cara yang tepat dan hemat. Saat ini cara orang membaca buku sudah berubah. Membaca buku lebih mudah bisa membaca dimana saja, tanpa membawa perangkat besar seperti tas dan lain-lain. FUNGSI DAN MANFAAT EBOOK Sebagai media informasi Mengungkapkan gagasan atau ide baru KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EBOOK . Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun Yang pasti adalah aman dan abadi. Bisa gratis dan mudah didapat Murah Nah ini dia kekurangannya. Hanya a...

MERDEKA MENULIS (9)

Minggu, 15 Maret 2020 Tema: Mengapa Menulis Nara sumber: Bp. Dudung Nurullah Koswara Judul: Merdeka Menulis Oleh: Mudafiatun Isriyah "Ketika antibiotik menolak antivirus maka jagalah silaturrahim"  Menetapkan alarm jam 02.00. Di hari Minggu jam 01.45 telepon berdering, Budi sahabatku menelpon, ok siap prepare kataku. Jam 02.20 telepon berdering, ok On The Road. Percakapan ini menunjukkan tanda serius bergabung berangkat menuju Kottta Blater Kab. Jember. Kata Silah yang artinya hubungan dan rahim artinya kerabat. Untuk itu rasululloh memerintahkan agar umat islam menjaga dan menyambung kekerabatan khususnya bagi sesama muslim. Berawal dari silaturrahim online WAG Delima (keluarga alumni SMPN 1Kab. Lumajang tahun 1985), terbentuklah panitia dadakan untuk menindaklanjuti silaturrahim ke saudara D5 yang ada di desa  Blater yaitu saudara Nike Tri Wijayanti. Dilakukan survey lapangan terlebih dahulu, dinyatakan Pantai Canga...