Judul: Menciptakan Pengalaman Belajar Yang Menyenangkan
Narsum: Catur,
Oleh: Mudafiatun ISriyah
Pengantar,
Kita tahu tentang ....
OMO
GA MAU KETINGGALAN DARI TEMANNYA
LINGKUNGANNYA MERAS CEMAS, MENGAOA SY KOK TIDAK MEMBUAT JUGA YA, INILAH YANG MENARIK
Akumni HArvart AS, alumni lulusan digital learning dari monev Australia
KAlau ada kata menyenangkan pasti ada kata kreatif.
Ketiganya dibungkus dalam pengalaman belajar, main game anak2 mjd tangguh keluar dari sangkar emas nya msing2
Menyapa Bang CAtur. menyapa peserta...........Hallooo Indonesia....Sulteng, Jember, Papua, Sumatera....Banjarmasin....Sorong...
Sambil berbagi dlm cerita menarik pengalaman selama masa pandemi ini, bereskperimen mencoba berbagai alternatif sambil memaparkan konten dalam pertemuan kali ini.
Untuk Bapak ibu yang berinteraksi dengan orang tua murid ada sesi khusus yang akan dilakukn besok, di layar kaca salah satu dari mahir akademy secara terpisah sampai tgl 20 Mei berinteraksi sesi membangun kecerdasan anak dari rumah ini, kerabat2 yang membangun kecerdasan dari rumah, mjd peran rumah bukan peran guru,
Bgmn mengajar pengalaman belajar dlm kolom chat.
Bagaimana menciptakan pengalaman belajar saat pembelajaran jarak jauh perlu kehadiran sosial atau social presence, bagaimana tentang perlunya Intimacy, Immediacy dan interactivity pada anak didik.
Menjadi menarik pada media interktif dengan bermain TAHUN, ada musik yang menegangkan, dalam proses pembelajaran ada musik interaksi ada ranking. Ibu DETA dari Lampung.Bersama Bang Vin dan Bu Risa. Tiga panelis dlm sesi menciptakan pengalaman belajar. Semenjak kegiatan Mba Risa seorang rektor ini, semua dipaksa serba online.
Mba Deta seorang....Bang Vis yang suka kreatif dg alat2 media kreatif. Bang Vin bisa melakaukan whatshap home, online dg pakar ahli perkayuan, kebutuhan meningkat karena kebutuhan alat peraga di rumah. Ide kreatifnya ada di Blog. Saat2 belajar lebih maksimal, anak2 sudah sangta erat dg teknologi baru, dan anak skr tdk kaget dg belajar learning, hanya butuh benar2 konkrit untu usia dini banyak manfaat media dr kayu. Hal2 yg menarik dari panelis.
Menciptakan pengalaman belajar yg menyenangkan yg pertaman Mba Risa sbg praktisi, hal2 yg hrs diketahui dg situasi spt ini.
Learning eksperiantial. Learning and Teaching, bgmn pengalaman belajar saat learning eksperian. riset
sangat cepat hal2 yg kita pelajari, misalnya skr apa yg bicara skr dlm satu jam 44% sdh lupa. bgmn cara memaksimalkan dg siswa dg tingkat pembelajaran semakin lama semakin turun.
learn
1
2
3 umpan balik dg cepat dan pembelajaran dg cepat dan ini siklus sering berulang.
kelas di mlg long wid beradaptasi dg
keadaaan covid, sebenarnya bkn sst ygbaru. mencoba memasukkan daring dg cepat. dg tatap muka. kadang2 memakan quota bxk the power of kepepet, sksd kebut semalam
tantangan di lapangan
pekerjaan d rumah tdk sama dg pembelajaran. bagi siswa sering tdk sama dan mjd beban yg besar. semua mjd online, ada 7 tgs ada idsparasi dg siswa mjd lambat lagi. terkait dg itu ada ppt bukan pengganti mengajar, ppt lbh jelas dan lbh dibanyak in. ppt harusnya lbh rendah, teman2 msh muda hrs interes pelajarannya sdh tertarik semua. Jd beban bagi mereka.
3. semakin kita mengerjakan online di video rentang perhatian berbeda, bak distrubtion, sdh bosen konsen nya hilang. nebgajar agar bisa memanfaatkan ini
4. quota internet semakai lamba
5. nnn
Mengubah kebiasaan guru
rentang kita kalo video stlh 3 menit tambah lma tambh turun perhatian tdk fokus. blog sekita r 6 mnt, video skr 18 mnt kalo tdk ada perbaruan semakin lamasemakin hilang unteres nya
beberapa hal stlh melakukn daring ada beberapa hal sbg
1. ketahui tujuan kita objek p[embeljaran kiata apa, apa yang kita mau freme dan goal
2. recicle tdk ada yg benar2 baru, di internet sdh ada yg pbh baru. bgmn kita mengajar yg benar2 baru, chanel youtube durasi 2 mneitan melihat dr negara satu ke negara lain. menjelaskan dg animasi yg bagus, creasion hrs tetap ada menggabungkan dr yg lain mengisi topik yang bagus
3. tool
sebelum adanya taksonomi bloom
4. eksperimen
tdk ada cara yg paling benar mencoba unt feedback. bgmn peluang yg paling pas. apakah ini lbh baik bagi mrka terus menerus feed back
problem quota, DISCORD FOCA CALL, membalas dg ketikan terjadi
PPT itu tdk cukup, apa yg kita omomngkan di kelas, point2 penting dijabarkan, misal hari itu ga cukup ya hari berikutnya di sebutkan
Ada beberapa penting
sesi bu DETA tentang Tecknologi
bgmn menggunakan media belajar dg inteaktif
metode tradisional di luar cenderung pasuf, mereka tahut pola pemblajaran guur centris
siswa cenderung lbh aktif. siswa mjd sumber pembelajar baru guru centris mjd murid centris. bgmn guru yg merasa tdk digital? siswa digital native
sebanyak 74 guru sdh mengimplementasikan unt membantu intruksi sec faktual dari komplek mjd sederhana. siswa memiliki beberapa minat dg pola menggunakan game ada scoring ada juara 1,2,3 ada pemenang ato kala. interaksi lbh dekat dg handphone kontennya lbh menarik
yg berkaitan dg beberapa teori kecerdasan. ada 8 siswa tdk hanya terbatas kecerdasan ada hal lain dg kecerdasan itu. agar para guru mengerti kecerdasannya banyak. Pengalaman mengajar da satu siswa nilai tdk baik hampir dikeluarkan sangat pintar dlm kinestetis, pandai olga, ada pola2 nbaru dg konten media digitasl siswa lbh menarik yg ada interaksi. siswa akan lbh ada daya nalar ketima siswa memiliki main ZOOM bgmn mendapatka score yg tinggi, mjd pola pikirnya lbh kritis
konten pembelajaran interaktif dg metode TAHUN
bermain milioner dua arah presenter dg peserta, ada pilihan jawaban. isiswa diajak berinteraksi, sisstemnya rangking. bisa kelas, pembelajaran yg menggunakan diskriptif, diajak lbh katif awlnya ngantuk di dlm nya ada kompetisi dan siswa diajak lbh bersaing sevara sehat.
menggunakan realita virtual. sdh advand banget jg bisa di akses di youtube. mencari 360 realiti virtual indonesi. yg menceritakan yg menggunakan lanscap.
daerah wisata di kota jkt. virtual reality. siswa di ajak wisata di jkt. pembelajarn virtual ini siswa di ajak menjelaskan video tsb. via youtube membuat kurikulum sifstnya reflektif, apa saja yg dilihata.....apa saja nerinteraksi....dll, memanfaatkan metoe yg sdh ada....
ada tiga
1 pola pembelajaran dr guru sentris mjd murid centris ad kolaborasi keduanya
2 siswa saat ini mrk sdh kreatif proaktif dg media yg bxk dibutuhkan gurunya yg menyesuaikan. dg apa yg ada skr guuru tdk hanya sbg pendidik tp ada fasilitastor
dlm metode tahun i ni senua mjd partisipan, anak orang tua membantu mendelegasikan dua arah keduanya. menggunaka youtube jg bisa. chanel yg lain. sebaiknya org tua di rumah jd ikut membantu
Bang Vin
alatnya di rumah menggunakan balok
Laboratorium pengolahan kayu, paud. bahan dasarnya dari kayu. berdasarkan observasi di sekolah, stimulus imajinasinya bisa berjam jam fokus berimajinasi. ada sejarah permainan balok.
perbalokan frederik frobel membuat
sebenarnya mnsi dr usia dini sdh mampu membuat sientifik fg bermain rekontruksi ulang dg bermain. bisa di stimulus dg bunyi. 3 th mulai kemampuan bhs emosional. ini di stimulus dg org tua baca cerita bermain. 4 th ud masuk sekolah. dari teman2 mulai mengejar ranking. yg penting sebenarnya main. tentunya disini buka bermain bebas, di beri handpohone, main yg mendidik dg alat peraga yg sesuai
dasar2 media yg sesuai. benda itu sendiri hrs nmenarik
2 fleksibel. perkemb logika nya sejauh mana spasialnya sensornya permainan kelomp penting kemampuan sosial skill nya ...100 - 200 berebut bentuk yg di favoritkan bernegosiasi.
3. berbahan natural tektur kayu, meraba bahan yg tentu bebas dr kimia , slim
Manfaat bermain menemukan makna
memahami dunia dg bermain
mengalami sukses misalny membuat menara ada rasa keberhasilan, atau belajar lewat kegagalan
3 sifat main dari anaknya pasti happy ini yg penting proses menggapai pengetahun lbh muda
4 keterlibatan katif. mulai terlibat cerita pd kita kalo berhasil, berekspresi
5, bermain butuh pengulangan. mengeksplor ilmu dg sendirinya. mll bermain
6 intekatif secara sosial bisa mengkounikasikan ide2. menginstruksikan pengalaman nisa di munculkan lbh interkatif
Main sensori bertujuan merangsang panca indra anak. peraba dan penciuman. Panca indranya berkembang
permainan bersifat peran. ada dua
1 memerankan sst yg pernah dia lihat. dokter2an
2 perannya dia wujudkan spt yg dia lihat. dia imajinasikan
sience tekh daring narasi guru menstimulus dr cerita2 yg menarik, arsitek dasar jalan2 online. guru menceritakan sejarah yg telah dilahat di youtube, merekonstruksi ulang.
Komentar
Posting Komentar