Langsung ke konten utama

KAAF HAA YAA 'AIN SHAAD RAHMAT TUHAN PADA HAMBANYA (25)

Senin, 18 mei 2020
Oleh: Mudafiatun Isriyah



كٓهيعٓصٓ
 'Kaaf Haa Yaa 'Ain Shaad'.
Qs. Maryam: 1

Tafsir: http://www.ibnukatsironline.com/2015/06/tafsir-surat-maryam-ayat-1-6.html

Maksudnya, kisah ini menceritakan tentang rahmat Allah kepada salah seorang hamba-Nya, yaitu Zakaria. Yahya ibnu Ya'mur membaca ayat ini dengan bacaan berikut:

Lafaz Zakaria, huruf ya-nya dibaca panjang dan dibaca pendek; hal ini merupakan dua qiraat yang terkenal mengenainya. Zakaria adalah seorang nabi yang besar dari kalangan nabi-nabi kaum Bani Israil. Di dalam kitab Sahih Bukhari disebutkan bahwa Zakaria adalah seorang tukang kayu; dia makan dari hasil kerja tangannya sendiri menjadi tukang kayu.

Sebagian kalangan ulama tafsir mengatakan bahwa sesungguhnya Zakaria melirihkan suaranya dalam berdoa agar dalam permohonannya ini dia tidak dituduh sebagai orang yang lemah karena usianya telah lanjut, sebab ia meminta agar dikaruniai seorang putra. Demikianlah menurut apa yang diriwayatkan oleh Al-Mawardi.

Ulama lainnya mengatakan, sesungguhnya Zakaria melirihkan suaranya dalam berdoa karena kecintaannya kepada Allah Swt. seperti yang dikatakan oleh Qatadah sehubungan dengan makna ayat ini: Yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. (Maryam: 3) Sesungguhnya Allah mengetahui kalbu orang yang bertakwa, dan mendengar suara yang perlahan.

Sebagian ulama Salaf mengatakan, Zakaria bangun di tengah malam, sedangkan semua muridnya telah tidur; lalu dia berbisik kepada Tuhannya seraya berdoa dengan suara yang lembut. Maka Tuhannya berfirman ke­padanya, "Kupenuhi seruanmu, Kupenuhi seruanmu, Kupenuhi seruanmu."

Di Malam Ramadhan ke 24, puasa sudah memasuki hari ke dua puluh tiga terus menjalani ibadaha puasa dengan ibadah lainnya tetap istiqomah alhamdulillah. Membisikkan hati kepada Allah agar selalu diberi kekuatan kesehatan terhindar dari mala bahaya covid ini, aaminn. Di tengah-tengan menjalani ibadah ini tak terasa ada bisikan lain dari Tim Hore bahwa malam ini ada yang berulang tahun. Tetap kita lakukan tadarus sudah menginjak khatam ke 3 Tim Hore bergegas untuk mengadakan acara, di hari lahirnya kakak Zada yaitu 18 mei 1993. Mulailah mereka ingin memasak gurami bakar sebagai wujud syukur Tadarus khatam kedua. Sebagian sudah menelusuri melalui foto-foto dokumen Kak Zada di saat kecil. Itu semua sekadar untuk menciptakan kebersamaan Tim Hore dalam menjalani ibadah di hari-hari terakhir Bulan Ramadhan. Tak lepas setiap saat berdoa agar dipertemukan kembali puasa pada tahun-tahun mendatang dalam usia yang mulia di hadapanNya, aamiin.


Sedikit mengupas tentang makna Ulang Tahun.

                                           Ini wajah Tim Hore

Pesatnya kemajuan teknologi mengaburkan batasan antar negara sehingga pertukaran kebudayaan sangat mudah dilakukan saat ini. Salah satu kebudayaan yang tidak Islami namun banyak dilakukan oleh Muslim adalah melakukan perayaan ulang tahun.

Sejatinya ulang tahun adalah berkurangnya berbagai kenikmatan yang kita peroleh dan semakin dekatnya kita dengan kematian, Dalam Qs. Al-Ashr 1-3:

 Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan orang-orang yang yang mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat dan menasehati supaya menetapi kesabaran.” (Q.S. Al Ashr: 1-3).

karena ulang tahun bukan budaya Muslim, maka menyikapi Tim Hore ingin memberikan kejutan pada kakak Zada adalah dengan melakukan buka bersama keluarga besar dari Kak Ayu, Kak Wike, Kak Ika serta Tim Hore Yunior Lumajang turut hadir dalam acara buka bersama di rumah kami. Si Kecil Cla sudah sibuk mengumpulkan foto-foto untuk kakak sejak kecil. akhirnya sebagian foto-foto terdokumen dengan baik. Itu si hikmahnya. Tidak ada pesta dan kesenangan yang melampaui namun kita berkumpul untuk membuat menu buka bersama. 

Sebenarnya dalam bulan Mei ini tepatnya tanggal 2 Mei 1995 Kakak Aji yang saat ini berada di Yogjakarta bersamaan hari pendidikan lahirnya baby boy ganteng adik Kak zada. Ingat pada Webinar yang diselenggarakan PB PGRI kegiatan ini dibuka saat tanggal 2 mei di tutup tanggal 20 mei 2020. Teringat masa kelahiran anak saya kakak Aji tanggal 2 Mei dan kak zada tanggal 18 mei, semoga kalian tumbuh besar menjadi pilot pendidikan yang banyak terinspirasikan oleh orang lain. Kakak Aji selamat hari jadimu yang ada di Yogja karena Pandemi Virus ini Kak Aji tidak bisa pulang Lumajang, tetaplah disana ikuti saran pemerintah untuk tidak mudik dan jaga kerumunan.

Rasa syukur saya tak terhingga memiliki anak-anak yang hebat. Sudah tumbuh dewasa yang sejatinya sudah bisa memposisikan diri. Teringat dengan doa Zakaria seorang Nabi yang pekerjaannya menjadi tukang kayu, sudah berusia lanjut yang selalu berdoa dengan suara lembut. Allah mendengarNya dengan jawaban  "Kupenuhi seruanmu, Kupenuhi seruanmu, Kupenuhi seruanmu." Terlalu banyak pinta kami terlalu tamak permohonan kami di malam akhir bulan Ramadhan ini saya diberi karunia anak yang sedang bertambah usianya, kami meronta padaMu Ya Rabb agar kami diberi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Wujud syukur ini bersama anak-anak kami yang selama WFH kita selalu bersama dengan judul TIM HORE, ijinkam kami untuk berkumpul berbuka bersama dengan keluarga besar dengan mengharap ridhomu agar kami mendapatkan syirothol mustaqiim dalam setiap jengkal langkah ini.

Memanfaatkan momen puasa ini, keluarga Lumajang juga hadir, sudah lebih dari tiga bulan melakukan WFH. Dan sekarang, saat mereka sudah kumpul di rumah kami Tim Hore memberikan treatmen secara tiba-tiba mengikat tangan kak Zada di pohon kemudian di pecahin telor dan tepung dengan menyampaikan bahwa umur sudah bertambah lagi setahun, marilah segera membersihkan diri dengan kegiatan kebaikan karena jika tingkah laku kita tidak baik maka akan seperti wajahmu yang dilumuri tepung dan amis dengan dipecahin telor di kepalanya. Segeralah bergegas untuk mengingatkan diri untuk meluruskan niat memperbaiki sikap diri yang semakin dewasa. semoga Allah mengampuni dosa Kak Zada, Kak Aji sampai menjelang usia saat ini yang sedang berulanfg tahun di bulan yang sama @2 Mei dan 18 Mei.. Dengan bersihnya dosa di tubuhnya minimal sudah bisa mempersiapkan untuk mendekatkan diri mencari jodoh hidupnya, bismillah niat suci ini dalam bulan suci, insyaAllah istijabah aamiinn.

Saat ini usia Kak Zada, Kak Aji sudah tidak muda lagi, maka dengan datangnya keluarga datang dirumah dijadikan momen saling memaafkan. Kak zada yang sudah menjadi guru PNS banyak-banyaklah bersedekah, apalagi kemarin mendapatkan THR dari SMKN Pasirian berupa sembako dll, sehingga inilah yang dimasak untuk mengajak buka bersama. Sering-sering bersedekah Kak Zada agar rezekimu berkah dunia dan akherat, aamiinn. Kak aji yang sedang di Yogjakarta tak bisa pulang karena Corona, dia sekarang menjadi perancang Robotika di bawah naungan UGM kerja bareng dengan pihak LN. Banyaklah bersedekah di bulan suci ini walau berada di jauh di mata namun namun sedekahmu tetap harus berjalan, kejar cepat untuk meraih kasih sayang Allah menyempurnakan ibadahmu, karena puasa sudah tinggal sebentar lagi.

 

وَءَاتِ ذَا ٱلْقُرْبَىٰ حَقَّهُۥ وَٱلْمِسْكِينَ وَٱبْنَ ٱلسَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

Artinya: “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. .” (Q.S. Al Israa: 127)


Mengingat umur yang semakin bertambah, Ibu berharap hendaknya tingkatkan keimanan mu. Perbaiki ibadahmu mengawali kehidupan di bulan Ramadhan ini, langkah awal untuk menatap masa depanmu. Semoga Allah meridhoi apa yang kamu inginkan. Jadikan tambahan umur mu sebagai tolak ukur untuk menambah prestasi mu. Karena sebaik-baik manusia adalah yang berguna dan bermanfaat bagi manusia lainnya. Semoga keinginan untuk kuliah lanjut segera terwujud dan di beri rezeki kemudahan kelancaran niat untuk lulus Magister, Kak Zada di Seni desain, Kak Aji di Teknik Mesin, aaminn

Yunus: 26

۞لِّلَّذِينَ أَحۡسَنُواْ ٱلۡحُسۡنَىٰ وَزِيَادَةٞۖ وَلَا يَرۡهَقُ وُجُوهَهُمۡ قَتَرٞوَلَا ذِلَّةٌۚ أُوْلَٰٓئِكَ أَصۡحَٰبُ ٱلۡجَنَّةِۖ هُمۡ فِيهَا خَٰلِدُونَ

 Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. 

Panjatkan syukur sebanyak mungkin kepada Allah SWT. Di saat pandemic covid ini kamu masih diberi banyak kenikmatan dan umur untuk teruslah beribadah. Lakukan berbagai cara mensyukuri nikmat Allah agar semakin banyak nikmat diberikan oleh Allah padamu. Wujud kebersamaanmu bersama Tim Hore karena pada saat kecil dulu selalu bermain bersama di saat ini kalian dipertemukan maka banyaklah bersyukur, semoga Tim Hore didekatkan Jodoh pilihan Allah aaminn.

Ibu menulis untuk kalian, jangan meniru kaum yang bukan milikmu. Dalam Qs. Maryam: 4 sudah jelas bahwa Riwayat keluarga zakaria,

KAAF HAA YAA 'AIN SHAAD bahwa Rahmat Tuhan kepada hamba-hambaNya, Zakaria:

  "Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku.

Di usiamu saat ini bergegaslah untuk kembali meningkatkan imanmu segera berbakti pada kedua orang tuamu.

#aamiinn Ya Robbal Alaamiinn

#Hikmah puasa hari ke 23 saat ultah Kak Zada

#Semoga sebagai pengingat bertambah usia bertambah keimanan

#Dipertemukan kembali dengan teman sepermainanmu saat kecil dengan Tim Hore

#Segeralah berbakti pada kedua orangtuamu Mudafiatun Isriyah-sutrisno

 


Komentar

  1. Ibu hebat yang mengantarkan putra putrinya sukses dunia akhirat.. I love full

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas doa yg telah dipanjatkan. Moga silaturahmi ni tetap terikat sepanjang hayat dan Allah segera mewujudkan harapan qt semuaa... Aamiinn ya rabbal alamin

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah... MasyaAllah... ALLAHUAKBAR, semoga ALLAH terus membimbibg hidup kita menuju kepadaNya. Amiiin... serasa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI (32)

Rabu, 29 April 2020 Tema: BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI Nara Sumber: Dr Uswadin                        Pengembang Labschool                        Ketua IKA UNJ, Kabid Pend.ISNU DKI Jakarta                        https://uswadinlabschool.blogspot.com/ Judul: Menulis Menulis Menulis Setiap Hari Oleh: Mudafiatun Isriyah         'Bermanfaatlah untuk sesama' ( Uswadin ) Assalamualaikum wr wb Profil:                                            Brebes, 15 Maret 1968 Pendidikan MP S3 UNJ Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 Pengembang Labschool UNJ Menikah dikarunia 2 anak Tinggal di Matraman Jakarta Timur Email: dinuswa15@gmail.com Motto Bermanfaatlah untuk sesam Bismillahirrohmanirrohiimm, Selamat menunaikan ibdah puasa semoga senantiasa di Rahmatan Lillalaamiinn, aamiinn Salam hangat Bapak Uswadin Memulai membuka materinya nya dengan membarikan draf tulisan di buku notes kecil.

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BUKU ELEKTRONIK (eBOOK) DENGAN GOOGLE DOC

Era digital saat ini sudah saatnya digantikan buku elektronik sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Dikenal dengan nama ebook , atau buku digital versi elektronik. Bisa simpan dalam smartphone lho. Buku beratus-ratus halaman bisa disimpan dalam bentuk digital. Itulah yang disebut ebook. Membuat ebook merupakan salah satu usaha untuk melestarikan literatur. Namun yang berbentuk buku jumlahnya banyak dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Dengan melakukan tranfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik merupakan cara yang tepat dan hemat. Saat ini cara orang membaca buku sudah berubah. Membaca buku lebih mudah bisa membaca dimana saja, tanpa membawa perangkat besar seperti tas dan lain-lain. FUNGSI DAN MANFAAT EBOOK Sebagai media informasi Mengungkapkan gagasan atau ide baru KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EBOOK . Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun Yang pasti adalah aman dan abadi. Bisa gratis dan mudah didapat Murah Nah ini dia kekurangannya. Hanya a

BONDING DENGAN KUCING INI CARANYA.

Rabu, 1-April 2020 Tema: Kucing Oleh: Mudafiatun Isriyah 'Kucing Menunggui Majikannya Di Kuburan' Tantangan siang ini OmJay menyampaikan menulis tentang Kucing, yukss siappppp. Dengan penuh semangat semua peserta grup berusaha untuk memenuhi tantangan tersebut. Ada yang langsung respon ada juga yang belum baca grup. Yang pasti dengan semangat semua peserta akan memenuhi tantangan OmJay. Baik ayukk simak dulu yaa… Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Menurut riwayat hadist yang pernah saya baca. Dan menurut salah satu sumber bahwa rata-rata kucing hidup antara 12 hingga 15 tahun, tergantung pemeliharaan baik di rumah ataupun di luar. Bahkan bisa mencapai 21 tahun harapan kucing hidup jika dipelihara dengan baik. Percaya atau tidak kalau kucing mempunyai ikatan batin ( bonding ) dengan pemilik jika dirawat sejak kecil dan dekat dengan pemiliknya. Menurut Klause dan Kennel (2009) bonding itu adalah interaksi orang tua dengan bayi. Kucing berada