Rabu, 15 April 2020
Tema: Karya Inovasi & Kualitas Diri
Nara Sumber: Tri Agus Cahyono, M.Pd
Juara 1 Inobel SD bidang MIPA Tahun 2016
Oleh: Mudafiatun Isriyah
Assalamu alaikum wr. wb . Selamat Malam. Salam hangat dari Bapak TAC.
Alhamdulillah berkah bagi kami bisa bergabung dalam grup ini. Di sini saya sangat malu jika sebagai narasumber tentu saja Bpk./Ibu semua lebih berpengalaman dan lebih hebat dari kami. Jadi tolong anggap ini sebagai sharing pengalaman saja apa yg telah kami peroleh selama mengabdi menjadi guru. Untuk mengawali kegiatan ini marilah kita berdoa sesuai kepercayaan kita masing-masing. Silahkan.
Profil Bapak TAC
Penulis lahir di Pacitan, 22 Agustus 1982. Keseharian bekerja sebagai guru di SD Negeri Belik Tepus Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Alamat rumah RT. 01 RW. 03 Menadi Kec./Kab. Pacitan Jawa Timur. HP: 081392542771. e-mail:
1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir. Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut. Bapak TAC menyampaikan bahwa jangan sampai kita berinovasi tapi:
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham maksudnya
3. Tidak pernah menggunakan
4. Tidak bisa menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut.
Pengalaman Bapak TAC ketika finalis lomba tersebut adalah ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab. Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja.
Selayang Pandang Bagi sang Juara,
Pendidikan saat ini menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang merniliki
kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif,
dan marnpu berkolaborasi dengan orang lain untuk rnenghasilkan inovasi dalam
pembelajaran.
Bapak. TAC merupakan guru yang melakukan inovasi dalam memfasilitasi siswanya.
Dukungan pernerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).
Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal
pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pernbelajaran.
Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat
meningkatkan proses dan basil belajar yang bermutu agar siswa dapat beradaptasi
dengan tuntutan-tuntutan abad saat ini.
Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran Bapak TAC yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.
Berikut sesi sharing bersama Bapak TAC,
P1: Apakah karya inobel yang juara mesti ada unsur TIK- nya...? Pak Azis guru di Demak
Jawab: Selamat malam Pak @Aziz Demak
Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK
P2: Slmt malm pa Agus, boleh ceritakan lebih dalm karya inovatif yang pernah anda buat sampai dikenal dan mendapat prestasimu itu?Pak Simon Kupang
Jawab: Selamat malam Pak @+62 852-3789-3978 Kupang. Iya tentu akan kita bahas
P3: Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain.
Jawab: Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang. Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari. Sehingga menjadi sulit bagi anak. Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar. Itu kendala yg harus diselesaikan. Nah dimana saya dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bisa langsung dijelaskan untuk mengatasi kendalanya.
P4: Slmt malm pa AGUS, SAYA sudah nonton lihat sekolahmu di desa, bagaimana kerja sama guru dan kepsek di sekolahmu melihat dan mendukung prestadi anda? Pak Simon Kupang
Jawab: mereka adalah rekan yang luar biasa, sangat mendukung dan membantu saya dalam mengikuti kegiatan2 di luar sekolah. ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya. kita menggunakannya dalam kondisi bergerak. sedangkan obyek yang kita shot tidak bergerak. maka ketika kita memutar videonya. asilnya benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak. dan kamera merupakan alat optik yang menyerupai kinerja mata. sehingga saya mempunyai ide memasang kamera pada globe sebagai pengganti mata kita.
P5: Selamat Malam...blhkah sy bertanya...dl sebelum ada tagline ttg INOVASI PEMBELAJARAN apkh di Indonesia kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru2 sama sekali blm mengarah pd kegiatan Inovasi Pembelajaran ? Apkh seperti RA Kartini yg meminta gurunya yaitu Mbah Sholeh Darat utk mentranslate Al Quran dlm terjemahan bs d katakan sbg inovasi pembelajaran ? Td d katakan secara implisit bhw Globe sbg media pembelajaran pdhl antara media pembelajaran dan alat peraga itu tdk sama. Pak Beny Kediri
Jawab:
P6: Mohon di jlskan perbedaan alat peraga dan media pembelajaran menurut bpk pemateri. Terimakasih.Pak Beny Kediri
Jawab: Menurut saya Alat peraga adalah bagian dari media. Itu ketika saya naik wahana cangkir (komedi putar) di Dufan. Perhatikan teko dalam video tersebut. Tetapi dalam video bergerak. Keren banget pasti siswanya seneng dan motivasi akan timbul. Itulah yg bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu. Teko sebagai matahari sedangkan kamera adalah mata yg ada di bumi..
Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan langit
Teko akan muncul dari samping kiri ke kanan dan menghilang
Nah itu mirip dengan gerak semu harian matahari
Nah saya berpikir bagaimana supaya hal tersebut bisa ditampilkan di kelas
Maka kamera yg saya pasang harus bisa live menampilkan kenampakan langit
Kamera saya hubungkan ke laptop dan saya hubungkan ke proyektor (LCD) saya sorotkan ke langit2 kelas Maka jadilah planetarium bekam
Bekam = Globe berkamera
Cara menggunakan dalam pembelajaran seperti menggunakan globe biasa
P7: 8. Maaf P. Agus, mungkin ada gambar atau video inobelnya biar lebih jelas.
Agus Purwadi, Ponjong
P8:
Jawab: Selamat malam Ibu Kepsek. Alhamdulillah Bapak Kepala sekolah Kami baik yg lama maupun yg baru sangat mendukung kegiatan2 saya.
P9: Pak Agus, Sri Dwi Murwaningsih SD Surubendo. Seberapa jauh peran KS dalam prestasi njenengan? Langkah langjah apa yang telah beliau ( KS) lakukan sehingga guru bisa berinovasi dan meningkatkan kwalitas diri secara maksimal. Apakah teman teman satu sekolah Pak Agus juga melaksanakan hal yang sama dgn Pak Agus? Ya, walaupun mgkn tdk ikut lomba. Terimakasih.
Silakan buka link:
https://drive.google.com/file/d/0B3tt7etjRMOsQnQ1bHV2QmpwY2M/view?usp=drivesdk
P10: Selamat malam pak Agus, banyak guru di sekolah memiliki kesulitan utk mencari ide kreatif karena mnyelsaikan administrasi guru. Apakah bapak punya saran utk kondisi ini (dilihat dari pengalaman bapak). Terima kasih / grefer_kupang, NTT
P11: Assalamualaikum wr.wb.
1.Untuk karya inobel..ada kriterianya?
2.utk karya yg bagus apakah dilihat dari multifungsinya?
3.Untuk pembuatan makalah karya inobel apakah seperti PTK? perlu dicantumkan rumusan masalah?
Safitri Purbalingga
Jawab: Kunci Inovasi
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama
P12: Assalamualaikum Pak Agus, perkenalkan saya Pak Etik dari Kabupaten Pemalang.
Disamping karya inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru Berdedikasi Daerah Khusus tk Nasional tahun 2016. apa kiat2 sukses bapak kebetulan saya mulai tahun 2016 sampai sekarang bekerja di SD Daerah Khusus. terima kasih
Jawab: Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.
Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine.
Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design)
Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise
P13: Pak agus saya mau tanya..saya kan guru fisika. Sebenarnya banyak karya inovatif yg bisa dibuat tp bila di sekolah alat praktikumnya sdh banyak, bagaimana caranya saya membuat karya inovatif tersebut? Sri indayani lamongan
Jawab; Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah
P14: Slmt malam pak Tri,salut Untuk anda, melihat dari profil psk Tri,beralamat di Pacitan Jatim,bagaimana mengatur waktu,sedangkan tugasnya di Gunung Kidul Yogya,mohon sharingnya sedikit. Maturnuwun
Jawab: Saya setiap hari laju dari Pacitan ke Gunungkidul menempuh jarak 70km. PP 140 km. Di perjalanan sering saya gunakan untuk memikirkan apa2 yg harus saya lakukan bersama anak2 di sekolah.
Kesimpulan
Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekilafan.
Terima kasih juga saya haturkan buat Bapak TAC sharing ilmunya yang luar biasa semoga yang membaca ini bisa terinspirasi untuk inobel selanjutnya.
#Mudafiatun Isriyah
Tema: Karya Inovasi & Kualitas Diri
Nara Sumber: Tri Agus Cahyono, M.Pd
Juara 1 Inobel SD bidang MIPA Tahun 2016
Oleh: Mudafiatun Isriyah
Alhamdulillah berkah bagi kami bisa bergabung dalam grup ini. Di sini saya sangat malu jika sebagai narasumber tentu saja Bpk./Ibu semua lebih berpengalaman dan lebih hebat dari kami. Jadi tolong anggap ini sebagai sharing pengalaman saja apa yg telah kami peroleh selama mengabdi menjadi guru. Untuk mengawali kegiatan ini marilah kita berdoa sesuai kepercayaan kita masing-masing. Silahkan.
Profil Bapak TAC

3agusgurdacil@gmail.com.
Penulis menamatkan pendidikan terakhir Program Studi Pacsasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan Magister Pendidikan Dasar-IPA tahun 2015 melalui beasiswa P2TK Dikdas dengan predikat Cum Laude. Aktif sebagai ketua KKG Gugus V Purwodadi, Tepus Gunungkidul, DIY.
Penulis telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai berikut:Guru Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016;
- Juara I Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
- Penghargaan Short Course ke Jepang Tahun 2017;
- Finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun 2018.
- Finalis Guru Berdedikasi TK Nasional SD 2019
1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)
Inilah rancangan karya Bapak TAC yang mengantarkan juara 1 Inobel dengan judul Penggunaan Media Planetarium Bekam Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Materi Rotasi dan Revolusi Bumi.
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan puncak dari proses berfikir. Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut. Bapak TAC menyampaikan bahwa jangan sampai kita berinovasi tapi:
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham maksudnya
3. Tidak pernah menggunakan
4. Tidak bisa menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut.
Pengalaman Bapak TAC ketika finalis lomba tersebut adalah ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab. Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja.
Selayang Pandang Bagi sang Juara,
Pendidikan saat ini menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang merniliki
kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif,
dan marnpu berkolaborasi dengan orang lain untuk rnenghasilkan inovasi dalam
pembelajaran.
Bapak. TAC merupakan guru yang melakukan inovasi dalam memfasilitasi siswanya.
Dukungan pernerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).
Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal
pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pernbelajaran.
Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat
meningkatkan proses dan basil belajar yang bermutu agar siswa dapat beradaptasi
dengan tuntutan-tuntutan abad saat ini.
Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran Bapak TAC yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.
Berikut sesi sharing bersama Bapak TAC,
P1: Apakah karya inobel yang juara mesti ada unsur TIK- nya...? Pak Azis guru di Demak
Jawab: Selamat malam Pak @Aziz Demak
Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK
P2: Slmt malm pa Agus, boleh ceritakan lebih dalm karya inovatif yang pernah anda buat sampai dikenal dan mendapat prestasimu itu?Pak Simon Kupang
Jawab: Selamat malam Pak @+62 852-3789-3978 Kupang. Iya tentu akan kita bahas
P3: Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain.
Jawab: Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang. Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan bagaimana gerak semu matahari. Sehingga menjadi sulit bagi anak. Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar. Itu kendala yg harus diselesaikan. Nah dimana saya dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut. Bisa langsung dijelaskan untuk mengatasi kendalanya.
P4: Slmt malm pa AGUS, SAYA sudah nonton lihat sekolahmu di desa, bagaimana kerja sama guru dan kepsek di sekolahmu melihat dan mendukung prestadi anda? Pak Simon Kupang
Jawab: mereka adalah rekan yang luar biasa, sangat mendukung dan membantu saya dalam mengikuti kegiatan2 di luar sekolah. ketika kita merekam video dengan kamera action cam misalnya. kita menggunakannya dalam kondisi bergerak. sedangkan obyek yang kita shot tidak bergerak. maka ketika kita memutar videonya. asilnya benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak. dan kamera merupakan alat optik yang menyerupai kinerja mata. sehingga saya mempunyai ide memasang kamera pada globe sebagai pengganti mata kita.
P5: Selamat Malam...blhkah sy bertanya...dl sebelum ada tagline ttg INOVASI PEMBELAJARAN apkh di Indonesia kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru2 sama sekali blm mengarah pd kegiatan Inovasi Pembelajaran ? Apkh seperti RA Kartini yg meminta gurunya yaitu Mbah Sholeh Darat utk mentranslate Al Quran dlm terjemahan bs d katakan sbg inovasi pembelajaran ? Td d katakan secara implisit bhw Globe sbg media pembelajaran pdhl antara media pembelajaran dan alat peraga itu tdk sama. Pak Beny Kediri
Jawab:
P6: Mohon di jlskan perbedaan alat peraga dan media pembelajaran menurut bpk pemateri. Terimakasih.Pak Beny Kediri
Jawab: Menurut saya Alat peraga adalah bagian dari media. Itu ketika saya naik wahana cangkir (komedi putar) di Dufan. Perhatikan teko dalam video tersebut. Tetapi dalam video bergerak. Keren banget pasti siswanya seneng dan motivasi akan timbul. Itulah yg bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu. Teko sebagai matahari sedangkan kamera adalah mata yg ada di bumi..
Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan langit
Teko akan muncul dari samping kiri ke kanan dan menghilang
Nah itu mirip dengan gerak semu harian matahari
Nah saya berpikir bagaimana supaya hal tersebut bisa ditampilkan di kelas
Maka kamera yg saya pasang harus bisa live menampilkan kenampakan langit
Kamera saya hubungkan ke laptop dan saya hubungkan ke proyektor (LCD) saya sorotkan ke langit2 kelas Maka jadilah planetarium bekam
Bekam = Globe berkamera
Cara menggunakan dalam pembelajaran seperti menggunakan globe biasa
P7: 8. Maaf P. Agus, mungkin ada gambar atau video inobelnya biar lebih jelas.
Agus Purwadi, Ponjong
P8:
Jawab: Selamat malam Ibu Kepsek. Alhamdulillah Bapak Kepala sekolah Kami baik yg lama maupun yg baru sangat mendukung kegiatan2 saya.
P9: Pak Agus, Sri Dwi Murwaningsih SD Surubendo. Seberapa jauh peran KS dalam prestasi njenengan? Langkah langjah apa yang telah beliau ( KS) lakukan sehingga guru bisa berinovasi dan meningkatkan kwalitas diri secara maksimal. Apakah teman teman satu sekolah Pak Agus juga melaksanakan hal yang sama dgn Pak Agus? Ya, walaupun mgkn tdk ikut lomba. Terimakasih.
Silakan buka link:
https://drive.google.com/file/d/0B3tt7etjRMOsQnQ1bHV2QmpwY2M/view?usp=drivesdk
P10: Selamat malam pak Agus, banyak guru di sekolah memiliki kesulitan utk mencari ide kreatif karena mnyelsaikan administrasi guru. Apakah bapak punya saran utk kondisi ini (dilihat dari pengalaman bapak). Terima kasih / grefer_kupang, NTT
P11: Assalamualaikum wr.wb.
1.Untuk karya inobel..ada kriterianya?
2.utk karya yg bagus apakah dilihat dari multifungsinya?
3.Untuk pembuatan makalah karya inobel apakah seperti PTK? perlu dicantumkan rumusan masalah?
Safitri Purbalingga
Jawab: Kunci Inovasi
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama
P12: Assalamualaikum Pak Agus, perkenalkan saya Pak Etik dari Kabupaten Pemalang.
Disamping karya inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru Berdedikasi Daerah Khusus tk Nasional tahun 2016. apa kiat2 sukses bapak kebetulan saya mulai tahun 2016 sampai sekarang bekerja di SD Daerah Khusus. terima kasih
Jawab: Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.
Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine.
Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design)
Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise
P13: Pak agus saya mau tanya..saya kan guru fisika. Sebenarnya banyak karya inovatif yg bisa dibuat tp bila di sekolah alat praktikumnya sdh banyak, bagaimana caranya saya membuat karya inovatif tersebut? Sri indayani lamongan
Jawab; Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah
P14: Slmt malam pak Tri,salut Untuk anda, melihat dari profil psk Tri,beralamat di Pacitan Jatim,bagaimana mengatur waktu,sedangkan tugasnya di Gunung Kidul Yogya,mohon sharingnya sedikit. Maturnuwun
Jawab: Saya setiap hari laju dari Pacitan ke Gunungkidul menempuh jarak 70km. PP 140 km. Di perjalanan sering saya gunakan untuk memikirkan apa2 yg harus saya lakukan bersama anak2 di sekolah.
Kesimpulan
Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekilafan.
Terima kasih juga saya haturkan buat Bapak TAC sharing ilmunya yang luar biasa semoga yang membaca ini bisa terinspirasi untuk inobel selanjutnya.
#Mudafiatun Isriyah
Mantap resumenya. Jangan lupa link google drivenya ditebalkan dan dikasih insertblink sehingga bisa diunduh file inobelnya oleh pembac. Tks
BalasHapusBaik OmJay, terima kasih supportnya
HapusBagus bu...
BalasHapusSaya nggak fokus jika yg ilmiah. Mumet saya. Ha ha ha....
Saya belajar yg sesusai dg passion diri saya saja bu. Sukses terus ya...
Kata Pak Indra nulislah yg di sukai dan di pahami, semangattt bunda cantik
Hapus