Jumat, 27 Maret 2020
Tema: Strategi Pemasaran
Nara Sumber: Wijaya Kusuma
Oleh: Mudafiatun Isriyah
Setelah OmJay membagikan materi pada malam hari tanggal 26 Maret 2020 dan menghimbau untuk dibaca dan besok jam 10.00-12.00 akan dijelaskan sama Om Jay. Ternyata pengalaman wawasan OmJay dalam menulis sangat banyak. Banyak Penulis setelah menerbitkan bukunya berakhir tragis. Bukunya tdk laku jual dan akhirnya diobral. Sebab mereka tak punya strategi pemasaran buku secara jitu dan tak mau belajar ttg pentingnya marketing utk buku.
Kreativitas dan Imajinasi
3 cara menjadi kaya di usia muda
Siti Rohmani Rauf (Penulis Buku)
Percaya diri
Strategi Pemasaran menurut Johan Wahyudi: https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/55006d9d8133119c17fa784f/strategi-pemasaran-buku
Strategi Pemasaran Buku Bahan Ajar: https://penerbitdeepublish.com/cara-menerbitkan-buku-strategi-pemasaran-buku-ajar/
5 Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan: https://www.astamediagroup.com/blog/5-strategi-pemasaran-untuk-meningkatkan-penjualan.html
Kesimpulan:
Tema: Strategi Pemasaran
Nara Sumber: Wijaya Kusuma
Oleh: Mudafiatun Isriyah
Setelah OmJay membagikan materi pada malam hari tanggal 26 Maret 2020 dan menghimbau untuk dibaca dan besok jam 10.00-12.00 akan dijelaskan sama Om Jay. Ternyata pengalaman wawasan OmJay dalam menulis sangat banyak. Banyak Penulis setelah menerbitkan bukunya berakhir tragis. Bukunya tdk laku jual dan akhirnya diobral. Sebab mereka tak punya strategi pemasaran buku secara jitu dan tak mau belajar ttg pentingnya marketing utk buku.
Kreativitas dan Imajinasi
3 cara menjadi kaya di usia muda
- Terlahir dari keluarga kaya
- Kawin dengan anak orang kaya
- Jadilah orang yang kreatif & berkarakter
- Memanfaatkan media elektronik
- Memasang iklan
- Mengadakan bedah buku
- Menggelar konferensi pers
- Mengadakan komunikasi dengan resensator
- Memanfaatkan kolega m
- Memanfaatkan kesempatan (https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/55006d9d 8133119c17fa784f/strategi-pemasaran-buku)
Siti Rohmani Rauf (Penulis Buku)
Percaya diri
5 K Pengaruhi dunia
Aktivitas Belajar
Pemanfatannya agar belajar yang menyenangkan dan misalnya
melakukan misalnya UNBK
Selain itu bisa bertemu
Bertemu Mendikbud Anies Baswedan, Bertemu presiden Jokowi, Bersama Pak JK di Global TV
4 kekuatan Manusia
- Pikiran
- Perkataan
- Perasaan
- Perbuatan
Pengalaman Om Jay menulis ada di : http://wijayalabs.com http://kompasiana.com
Empat Strategi Pemasaran Buku Terjual Laris
Strategi pemasaran penjualan buku ajar perlu memperhatikan
empat faktor. Berbicara tentang marketing salah satu profesi yang banyak
dihindari, namun paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Apapun itu bentuk perusahaannya. Bagi seorang
penulis buku, terutama penulis buku yang menerbitkan buku secara indie dan PoD
penting menguasai strategi pemasaran buku.
Ada empat strategi pemasaran buku agar terjual laris.
Keempat tersebut meliputi splace, product, price dan promotion.
Place, Tempat Yang Strategis
Setiap orang itu pada dasarnya seorang marketing. Salah satu kunci kesuksesan marketing adalah memperhatikan place atau tempat. Pemilihan tempat yang strategi, tentu akan meningkatkan hasil penjualan buku. Tempat yang strategis memudahkan untuk dijangkau dan dikenal. Tidak hanya itu, lokasi yang strategis juga salah satu cara menjaring pelanggan.
Place dalam arti luas tidak berbicara tentang dunia lokasi penjualan. Termasuk membicarakan tentang kegiatan penyaluran produk berupa barang dan jasa berupa distribusi ke produsen dan ke konsumen.
Lokasi pemasaran melibatkan beberapa pelaku. Mulai dari tim marketing, agen, retailer dan distributor. distribusi menjadi poin penting dalam strategi pemasaran untuk menjaga ketersediaan barang dan jasa yang diperlukan oleh konsumen dalam waktu dan tempat yang tepat. Percuma jika lokasi strategi namun tidak diimbangi dengan ketersediaan yang memadai.
Strategi pemasaran mengandalkan tempat saja tidak cukup. Perlu adanya strategi distribusi buku dengan cara lain. Misalnya bisa mengandalkan media sosial, membuat website khusus dan sebagainya. Untuk mencapai titik ini, kita perlu memilih saluran distribusi secara terencana dan tepat. Misalnya melakukan survei dan riset terlebih dahulu. Selama melakukan riset, ada beberapa hal yang dicatat, yaitu mencatat sifat pembeli, sifat perantara, sifat produk, pesaing dan faktor harga.
Price, Harga yang Kompetitif
Harga kompetitif tentu akan menarik perhatian konsumen. Tidak heran jika pelaku marketing menetapkan harga dengan cara memberikan diskon. Diskon dijadikan icon untuk menarik minat dan perhatian calon pembeli. Meskipun diskon tersebut diberikan dengan syarat tertentu.
Penentuan harga dapat digunakan sebagai media competitor dengan produsen yang serupa. Pernah mengamati dan membandingkan toko buku satu dengan toko buku yang lain? toko Z misalnya, menjual buku dengan harga lebih mahal. Sedangkan toko X menjual dengan harga lebih murah dari toko Z. Hasilnya, konsumen memilih tokoh Z yang lebih murah, meskipun merelakan jarak lebih jauh.
Di dalam strategi pemasaran buku terdapat tiga cara menetapkan harga. Pertama, cost oriented pricing, yaitu penetapan harga berdasarkan pendekatan biaya produksi. Cost oriented pricing dibagi menjadi tiga metode, yaitu metode penetapan harga biaya plus, penetapan harga mark-up dan target pricing.
Metode penetapan harga berdasarkan biaya plus sering digunakan dalam perusahaan produksi. Penentuan harga biaya plus dapat dilakukan dengan cara biaya total + laba = harga jual. Sedangkan metode penetapan harga mark-up untuk menentukan harga jual dengan cara harga beli + mark up. Metode yang terakhir adalah target pricing yang dilakukan berdasarkan tingkat pengembalian investasi yang diinginkan.
Kedua, demand-oriented pricing atau penetapan harga berdasarkan pendekatan kebutuhan dan permintaan. Metode ini sering ditentukan berdasarkan situasi tertentu. Ketiga, competition oriented pricing merupakan penetapan harga berdasarkan pendekatan persaingan pemasaran. Persaingan harga ini paling sering ditemui. Terutama untuk buku-buku yang sifatnya homogen.
Penepatan harga buku dapat ditentukan dengan dua metode. Yaitu metode perceived value pricing dan sealed bid pricing. Perceived value pricing salah satu upaya menetapkan harga setingkat rata-rata pasar. Sedangkan sealed bid pricing penetapan harga berdasarkan pada tawaran oleh pesaingnya.
Product, Mutu Product
Mutu produk sebagai indikasi strategi pemasaran. Kualitas produk menentukan jumlah permintaan. Mutu produk yang jelek dibandrol dengan harga sesuai dengan kualitas produk, berlaku untuk sebaliknya. Namun, jika yang terjadi mutu produk jelek dibandrol harga tinggi, tentu akan berpengaruh terhadap minat konsumen, dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penurunan pengunjung.
Menjaga prodak menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan strategi pemasaran. Dengan kata lain, menjaga kualitas prodak menjadi prioritas pertama. Jika penjualan di bidang buku, kualitas produk bisa saja masalah pengepakan dan penjilidan. Kecacatan dalam buku hal yang umum terjadi masalah tentang punggung buku yang tidak erat, jenis kertas dan masalah sepele lainnya.
Promotion, Kecepatan Promosi
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan promosi. Diantarannya
- harus berani untuk ditolak,
- cepat dalam menawarkan dan memiliki inisiatif menawarkan.
- Menjadi seorang memiliki strategi pemasaran handal
- berpengalaman tidak pernah takut ditolak.
- Belajar dari seorang sales yang jalan kaki menawarkan produk dari rumah satu ke rumah lain.
- Jaminan, mereka lebih banyak ditolak daripada diterima.
- Namun mereka tetap menawarkan produknya.
Promosi yang baik adalah promosi yang tepat sasaran. Untuk mencapai tepat sasaran, perlu kreativitas. Selain kreativitas, konsistensi dalam melakukan promosi itu penting. pentingnya konsistensi dapat mempengaruhi minat pelanggan.
Banyak cara menciptakan kreativitas, tidak melulu memberikan diskon.
meningkatkan minat konsumen dengan membuat promosi lebih kreatif dan menarik.
Jika Anda memiliki buku indie, tidak ada salahnya menerapkan strategi pemasaran buku ini. Jika berhasil, maka keuntungan hasil penjualan buku bisa 100%. Barangkali, berawal dari sinilah yang akan mengantarkan kita menjadi seorang marketing handal.
Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis (https://penerbitdeepublish.com/). Di publish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda (https://penerbitdeepublish.com/features/daftar-menjadi-penulis-buku/)
Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:
- Teknik Menulis : Cara Membuat Daftar Isi secara Otomatis di Ms. Word (https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-penerbit-buku-g041/)
- Teknik Menulis Menyusun Laporan Hasil Penelitian Menjadi Buku Ajar (https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-penerbit-buku-g042/)
- Teknik Menulis: 5 Hal dalam Buku Ajar yang Harus Diperhatikan!(https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-buku-ajar-a1-2/)
- Teknik Menulis Buku, dengan Membaca Teks Kehidupan (https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-penerbit-buku-g035/)
Penulis baru kebanyakan lebih memilih penerbit indie daripada penerbit mayor. Hal ini bisa dipahami karena seleksi ketat dari Penerbit mayor. Kita akan merasakan sakitnya penolakan.
Pengalaman Om Jay bila buku diterima dengan baik oleh penerbit besar rasanya senang sekali karena mereka juga punya tenaga pemasaran atau marketing yg banyak.
Pengalaman Om Jay bila buku diterima dengan baik oleh penerbit besar rasanya senang sekali karena mereka juga punya tenaga pemasaran atau marketing yg banyak.
Teknik Pemasaran menurut:
25 macam Ide: Cara atau Strategi Pemasaran Buku dan Contoh Mempromosikan Buku yang Menarik Serta memukau
Pemasaran itu sangat penting untuk mengenalkan produk kita agar dikenal luas oleh masyarakat baik lewat media internet maupun non internet.
Pemasaran itu sangat penting untuk mengenalkan produk kita agar dikenal luas oleh masyarakat baik lewat media internet maupun non internet.
Orang yang tidak tahu pemasaran
secara berkelanjutan maka yang diketahuinya hanya sekedar berpromosi hard
Sejatinya pemasaran itu sangat
luas dan tak terasa cakupannya. Pemasaran berlaku untuk semua hal yang terjadi
dalam kehidupan sehari โ hari termasuk saudara seorang penulis buku pemula
hingga senior.
Bila saudara seorang penulis
buku yang selama ini belum mengetahui trik / strategi pemasaran buku / ebook /
karya saudara agar orang lain tahu.
Aku menyajikan strategi yang
sudah diketahui saja, bila saudara kreatif dan inovatif malah akan mendapatkan
strategi baru dalam mempromosikan buku.
1. Email
1. Email
Email merupakan salah
Pernahkah saudara menggunakan
email yang aktif dan sering dibuka oleh penggunanya?
Email sangat ampuh juga untuk
mempromosikan buku saudara. Hal yang harus saudara lakukan bila ingin
mempromosikan buku via email adalah harus mendapatkan restu dari pemilik email
yang bersangkutan.
Jangan sampai pesan yang
dikirim dianggap spam dan tidak bermanfaar bagi mereka. Jadi saran Mukhofas
saudara harus membangun hubungan baik yang membuat saudara dikenal dengan baik
oleh mereka. Jadilah teman baik hingga pada akhirnya nanti tidak menganggap
orang sudah dikenal bukan orang asing.
Bagaimana caranya mempromosikan buku via email?
Bagaimana caranya mempromosikan buku via email?
Bisa menggunakan tool email
marketing yang akan mengirim kampanye promosi buku saudara ke semua daftar
email yang telah saudara tambahkan atau ada pemirsa situs website blog yang
berlangganan email newsletter yang mana mereka memasukkan email di tempat yang
tersedia di situs website blog saudara. Bila hal itu tidak ada sama sekali di
blog saudara bisa segera ditambahkan dan kumpulkan sebanyak-banyaknya database
email pemirsa situs blog saudara.
Ada banyak tool email
marketing, rata โ rata itu tidak gratis, setiap bulan harus membayar paket
pengiriman email marketing secara serentak untuk kampanye promosi buku saudara.
- 30 daftar Email Marketing untuk keperluan Kampanye Promosi
- Cara Menggunakan Email Marketing Gratis Mail Chimp
2. Mengadakan Bedah Buku
Bedah buku merupakan juga
sarana ampuh untuk mengenalkan buku saudara kepada khalayak agar mendapatkan
perhatian pemirsa calon buyer buku saudara (fiksi / nonfiksi)
Ada banyak model bagaimana cara
mengadakan bedah buku ini
Cara Bedah Buku Offline
Cara Bedah Buku Offline
Kita berusaha melobi
penerbit buku bila yang bersangkutan bersedia untuk melakukan bedah buku kita yang saudara itu laris / best seller yang bisa memberikan
royalti kepada saudara bukan?
Tidak Cuma dari penerbitan saja cara
mengadakan bedah buku, bila kita ditawari untuk mengisi suatu forum / seminar
di kampus pada sebuah universitas baik terkemuka maupun tidak yang terkait
dengan tema buku kita berpartisipasilah karena ini merupakan gerbang terbuka
untuk mengenalkan buku saudara lebih banyak lagi.
Cara Bedah Buku Online
Cara Bedah Buku Online
Saudara bisa membuat grup atau
komunitas pembaca buku saudara di facebook, WhatsApp, Telegram, Line untuk
mengenal lebih dekat pembaca buku dengan saudara selaku penulisnya.
Bisa pula membuat bedah buku
online di grup WhatsApp, saudara mencari pemirsa yang tertarik ingin ikut
menyimak materi bedah buku yang saudara adakan. Ketika materi sudah disampaikan
dipersilahkan anggota grup untuk bertanya jawab atas materi buku saudara
itu
Sehingga dengan ini setidaknya
buku saudara dikenal oleh anggota grup WhatsApp itu. Jangan lupa pada akhir
acara dibuka siapa saja yang ingin membeli buku langsung dari penulisnya
3. Mengadakan Jumpa Pers
Jumpa Pers itu seperti seperti jumpa antara penulis dengan media yang mau meliput. Seperti seorang pejabat pemerintah mengadakan jumpa pers dengan beberapa media untuk meliput dan dipublikasikan di media.
Jumpa Pers itu seperti seperti jumpa antara penulis dengan media yang mau meliput. Seperti seorang pejabat pemerintah mengadakan jumpa pers dengan beberapa media untuk meliput dan dipublikasikan di media.
Tentu hal ini sangat
menguntungkan bila kita seorang penulis untuk mendapatkan jumlah pemirsa calon
pembeli buku kita.
4. Mengadakan Komunikasi dengan Resentator
Sadar atau tidak sadar peresensi / resentator buku memiliki peran bagus untuk mengomunikasikan agar buku lebih dikenal lagi ke masyarakat. Peresensi buku yang memiliki blog dan pemirsa blog sangat tinggi setiap harinya juga memiliki pengaruh buku saudara dikenal dan dibeli pemirsa situs blog yang membaca itu.
Sadar atau tidak sadar peresensi / resentator buku memiliki peran bagus untuk mengomunikasikan agar buku lebih dikenal lagi ke masyarakat. Peresensi buku yang memiliki blog dan pemirsa blog sangat tinggi setiap harinya juga memiliki pengaruh buku saudara dikenal dan dibeli pemirsa situs blog yang membaca itu.
Jadi jangan sepelekan seorang
blogger (penulis blog) resensi yang seperti ini walaupun saudara mungkin belum
tahu sama sekali dampaknya.
1.
Memanfaatkan
kolega juga berarti memanfaatkan teman yang sudah kita kenal dengan baik untuk
membantu menyebarkan buku kita ke kolega yang memiliki banyak teman.
Carannya ada banyak sekali. Dimulai menyuruh
teman untuk menceritakan isi buku milik kita pada suatu grup di WhatsApp
maupun pada acara kopdar / temu darat dengan banyak orang pun juga bisa
dilakukan.
Bisa juga bila saudara punya seorang
teman penulis blog (blogger) yang memiliki tema / topik blog membahas resensi
buku untuk minta tolong diulas di blognya. Hal ini tentu akan menguntungkan
buku saudara.
Tapi jangan kita yang mau diuntungkan
dan bikin repot, tapi kita juga harus bisa memberikan keuntungan balik apa yang
harus mereka (kolega dapatkan)
Dengan kerjasama untung sama untung
maka akan lebih bagus itu untuk menjajaki promosi / kampanye buku
saudara.
6. Memanfaatkan Kesempatan
Contoh memanfaatkan promosi buku saudara: Mukhofas membuat sebuah pembatas buku yang menarik yang terbuat dari kertas tebal sebagaimana kertas pada kartu nama
Contoh memanfaatkan promosi buku saudara: Mukhofas membuat sebuah pembatas buku yang menarik yang terbuat dari kertas tebal sebagaimana kertas pada kartu nama
Mukhofas membuat dengan sangat menarik
sehingga membuat orang yang melihat begitu terkesima dan penasaran.
Nah setelah pembatas buku ini jadi dan
dicetak dalam jumlah cukup banyak (misal 1 box) Mukhofas menyebarkan dan
menyelipkan di buku perpustakaan yang sering dibaca dan pinjam atau juga bisa
diselipkan di buku yang terbuka dan bisa dibaca di toko buku pada buku laris /
best seller.
Siapa tahu mereka benar benar melihat
pembatas buku yang Mukhofas taruh itu dan mencari buku bila ada stoknya di toko
buku itu.
Bisa juga menyelipkan semua buku pada
perpustakaan sekolah / kampus, pilihlah buku yang sering dibaca dan banyak
dipinjam daripada buku yang tidak sama sekali.
Membagikan Stiker / Pembatas buku
menarik pada setiap orang yang sangat saudara kenal atau orang baru juga akan
memberikan impak yang baik apabila hubungan positif (komunikasi) dan
mengesankan berhasil dibentuk oleh saudara dengan yang saudara beri stiker
tersebut
7. Membuat E-Book Yang Menarik Calon Prospek secara Gratis
Hampir sebagian besar orang sangat menyukai hal โ hal yang berbau gratisan.
Hampir sebagian besar orang sangat menyukai hal โ hal yang berbau gratisan.
Tidak menutup kemungkinan ebook
yang gratis dan menarik serta sangat dibutuhkan target akan menjadi lead magnet
(daya tarik)
Jangan membuat ebook asal โ
asalan dan tidak menarik itu sama saja tidak akan menarik bagi yang dibutuhkan
target.
Didalam ebook itu selipkan
tentang katalog buku saudara dan tautan / link resensi buku ke blog / notes
facebook.
Jika ebook yang saudara buat
bermanfaat dan bisa berpotensi viral dan dishare oleh orang lain di blog
berbasis download otomatis ebooknya diunduh oleh banyak orang yang mencari
informasi berbentuk ebook.
Itu juga berarti pengunduh itu
mungkin jadi melihat informasi seputar buku saudara yang telah diselipkan
didalam ebook tersebut.
8. Bagikan Stiker dan Kartu Nama
Untuk stiker buatlah yang menarik dan daya pikat.
Untuk stiker buatlah yang menarik dan daya pikat.
Salah satu cara yang ampuh, buatlah
stiker cetak timbul cukup besar untuk ditempel di kaca belakang mobil saudara /
angkot / minibus / bus besar atau mobil milik oramg lain yang bersedia untuk
ditempeli stiker pemasaran buku saudara.
Semenarik apapun tanpa isi yang pas dan
tepat tidak ada apa โ apanya, sehingga saudara membutuhkan skill membuat
headline yang bisa bertindak sesuai keinginan saudara. Maka dari itu dibutuhkan
skill teknik Copywriting.
- Cara Menulis Copywriting yang bisa Bertindak
- Teknik Copywriting
Untuk kartu nama saudara juga harus
memperhatikan juga agar terlihat menarik, jangan asal membuat kartu nama yang
biasa dan ala kadarnya. Saudara harus kreatif yang bisa meningkatkan branding
saudara selaku penulis buku dan seorang blogger tentunya.
- 10 Contoh Kartu nama kreatif untuk blogger / penulis / pelaku bisnis
Untuk membuat brosur juga harus
kreatif jangan sekedar isinya doang dan terkesan promosi mulu tanpa memberikan
manfaat bagi yang membaca brosur tersebut. Jika saudara jago copywriting dan
hypnowriting tentu akan sangat membnantu.
Jika target yang dibidik dalam
brosur dijadikan obyek sasaran yang tidak manusiawi (menderita) mereka
tidak akan tertarik dengan promosi brosur iklan buku saudara.
Brosur untuk mempromosikan bisa
berbentuk resensi / review / ulasan yang menarik yang harus diketahui orang
yang membaca brosur itu.
Tentu ini sangat tergantung dari jenis
buku apa yang saudara tulis / karang. Bila itu seputar novel atau kumpulan
cerpen kisah cinta yang dibalut dengan cara โ cara islam brosur bisa ditempel
di majalah dinding setiap sekolah SMP โ SMA di daerah saudara maupun ditempat
lain yang bisa saudara jangkau.
Seperti yang Mukhofas tekankan tadi,
menarik dan ketika orang hendak membaca brosur pertama kali tertarik itu
kuncinya. Bila tidak tertarik gagallah cara saudara memasarkan buku dengan cara
menggunakan media brosur.
10. Bekerjasma dengan Perpustakaan baik Khusus maupun Umum
Itu juga bisa dijadikan tempat yang tepat untuk menyebarkan popularitas buku saudara. Tidak usah mengarapkan uang, jadikan itu sebagai amal baik bila buku karangan saudara sarat dengan nilai โ nilai kebaikan.
11. Promosikan di facebook/Twitter/Tumblr/IG dan sejenisnya.
12. Membuat Blog Tour.
13. Buat Buku Trailer.
14. Bagikan Teaser Buku Saudara.
15. Buat dan Sebarkan Photo Quotes Buku Saudara.
16 Buat Latar Belakang /Sejarah Berproses Buku Saudara.
17 Bekerjasama Dengan Blogger Buku.
18 Jangan Berpaku pada Promosi Online.
19. Manfaatkan Komunitas yang Tertarget.
20 Testimoni Tokoh / Pembaca.
21. Berdayakan Media Lokal (Koran / Radio).
22. Pasang Cover dan Banner di Semua Sosial Media Saudara.
23. Mengadakan Kuis di Media Sosial.
24. Buat Merchandise Terkait Buku Kita
Itu juga bisa dijadikan tempat yang tepat untuk menyebarkan popularitas buku saudara. Tidak usah mengarapkan uang, jadikan itu sebagai amal baik bila buku karangan saudara sarat dengan nilai โ nilai kebaikan.
11. Promosikan di facebook/Twitter/Tumblr/IG dan sejenisnya.
12. Membuat Blog Tour.
13. Buat Buku Trailer.
14. Bagikan Teaser Buku Saudara.
15. Buat dan Sebarkan Photo Quotes Buku Saudara.
16 Buat Latar Belakang /Sejarah Berproses Buku Saudara.
17 Bekerjasama Dengan Blogger Buku.
18 Jangan Berpaku pada Promosi Online.
19. Manfaatkan Komunitas yang Tertarget.
20 Testimoni Tokoh / Pembaca.
21. Berdayakan Media Lokal (Koran / Radio).
22. Pasang Cover dan Banner di Semua Sosial Media Saudara.
23. Mengadakan Kuis di Media Sosial.
24. Buat Merchandise Terkait Buku Kita
Merchandise ini sangat banyak
ragamanya. Mukhofas akan membahas sebagian saja.
1. Buat Pin / Gantungan Kunci terkait
buku saudara
2. Tote Bag
3. Jaket, Kaos, dan HoodieStrategi Pemasaran menurut Johan Wahyudi: https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/55006d9d8133119c17fa784f/strategi-pemasaran-buku
Strategi Pemasaran Buku Bahan Ajar: https://penerbitdeepublish.com/cara-menerbitkan-buku-strategi-pemasaran-buku-ajar/
5 Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan: https://www.astamediagroup.com/blog/5-strategi-pemasaran-untuk-meningkatkan-penjualan.html
Kesimpulan:
- Manfaatkan media sosial utk memasarkan buku.
- Pasang iklan di media arus utama seperti koran dan majalah.
- Adakan bedah buku.
- Menggelar konferensi pers
- Ajak komunikasi dengan peresensi buku kita.
- Manfaatkan kolega atau teman baik serta komunitas maupun individu.
- Manfaatkan kesempatan yg ada dan biasanya OmJay jualan buku saat menjadi narsum
#manfaatkan semua media yang ada di sekitar semudah mungkin
#doa kita agar Covid19 segera berakhir aamiin
#Mudafiatun Isriyah
Keren, Bu. Cepat sekali menulisnya ๐๐๐
BalasHapusIya kan bahannya sdh semlm, jd nticilll
BalasHapus