Senin, 2 Maret 2020
Tema: Komitmen Menulis di Blog
Melahirkan Personal Branding
Nara sumber: Agus Sampurno
oleh Mudafiatun Isriyah
Rumah ku adalah Surgaku.
Webb ku adalah Rumahku. Blog ku adalah Tulisanku (Iez,2020)
Kegiatan setiap hari merupakan hal penting untuk kita rekam. Ada istilah hari kemarin harus lebih baik dengan hari ini. Aku harus lebih baik dalam kehidupan nyata maupun kehidupan maya. Aku suka menulis harianku di blog. Rasa puas di hati ketika karya ku mulai ku simpan di memoriku yang bernama blogger. Indahnya Bloggerku. Bloggerku harus ku rawat setiap hari. Semua kegiatanku tertulis di sana. Penasaran? baca di blogger ku.
Kata Nara sumber Bp. Agus Sampurno harus ada Personal Branding. Maksudnya bagaimana? aku membangun dan mempromosikan apa yang aku tulis. Personal Branding merupakan kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman yang menjadikan kita sebagai sosok yang sekarang ada. Personal Branding juga bisa menjadi pembeda diantara milyaran sosok profesional lainnya di sekitar kita.
Nah.. Pentingkah Personal Branding? mari lanjut baca nya ya....
Orang berkata Personal Branding tidak penting. Personal Branding terlalu membuang waktu banyak. Alay dan Lebay (istilah kekinian).
Mari kita simak perjalanan karir dan bisnis, tantangan di era digital ini tak lagi sama, bukann?
So..... Bisnis sangat membutuhkan kepercayaan publik. Mempromosikan bisnisnya membutuhkan laman atau rumah yang jelas untuk membangun kepercayaan. Mengenalkan semua produk di atur sedemikian rupa menata laman webb nya yang terindah sampai puas melihatnya.
Kuncinya setiap melihat webb nya pasti ada kepuasan dan merasa bahagia,
Dan ... pastilah senyum lebar...
Nah... jika sudah terukur sebagai kepuasan cobalah uji publik,
Rumah ku adalah surgaku. Webb ku adalah rumahku. Blog ku adalah hobiku. Pastilah aku merawatnya setiap saat. banyak pengunjung datang memberikan kata support.
Joss.....
Hebat...
Good......
Amazing...
.Lanjutkan....
sangat menginspirasi....
wah pastilah aku menjadi termehek-mehek membacanya. Itulah hebatnya Personal Branding, menjadi sangat penting untuk dirawat dan dikunjungi setiap saat.
Jadi Branding hal yang umum dilakukan dalam dunia pemasaran. Branding dilakukan untuk membedakan satu produk dengan produk lainnya sehingga memunculkan cirinya yang khas. Branding sekarang merambah di dunia Blogger seseorang. maka dikenal dengan istilah Personal Branding yang akan mendefinisikan jati dirinya. Hal ini menjadi niscaya karena eksistensi diri adalah hal yang mendasar yang pasti ada pada diri seseorang, termasuk di Blogger kita.
Menurut Peter Montoya (2002) merumuskan konsep pembentukan personal branding yang meliputi delapan unsur utama sebagai berikut:
1. Spesialisasi (The Law of Specialization) spesialisasi tertentu yang dimiliki oleh seseorang.
2. Kepemimpinan (The Law of Leadership) kepemimpinan dapat dibentuk melalui keunggulan
3. Kepribadian (The Law of Personality) personal branding yang baik menggambarkan kepribadian individu dalam segala aspek.
4. Perbedaan (The Law of Distinctiveness) pembentukan personal branding memiliki kesan yang berbeda.
5. Kenampakan (The Law of Visibility) salah satu strategi membentuk personal branding yang efektif adalah dengan melakukannya penuh konsistensi atau terus-menerus.
6. Kesatuan (The Law of Unity) kesatuan yang dimaksud dalam pembentukan personal branding adalah kehidupan pribadi yang sejalan dengan apa yang dibentuk dalam personal branding seseorang.
7. Keteguhan (The Law of Persistence) pembentukan personal branding seseorang tidak akan mungkin terjadi hanya dalam satu malam.
8. Maksud baik (The Law of Goodwill) Personal branding seseorang akan memiliki pengaruh besar bagi orang lainnya jika dipersepsikan secara positif oleh orang-orang di sekitarnya. (blog walking)
Ada tiga elemen penting dalam membangun Personal Branding dalam Blogger
Pertama,......
➤You....
Istilah you yang dimaksud dalam hal ini adalah aku sendiri. Aku harus dapat membentuk personal branding melalui polesan (strategi) dan metode komunikasi yang disusun dengan baik. Strategi dan metode komunikasi ini dirancang untuk menyampaikan dua hal penting kepada pembaca, yaitu:
- Siapakah aku sebagai seorang
pribadi?
- Spesialisasi apa yang aku miliki/
dilakukannya?
So... personal branding merupakan sebuah gambaran mengenai apa yang diinginkan dipikirkan tentang aku. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, keahlian, dan kualitas yang membuat aku berbeda dengan yang lainnya.
➤Promise.....
Personal branding adalah sebuah janji, sebuah tanggung-jawab untuk memenuhi harapan yang timbul pada pembaca akibat dari personal branding itu sendiri. Setelah melihat blogger ku pembaca akan tertarik dengan himbauan ku sampai pembaca mengikuti langkah-langkah ku, seperti aku mengikuti para founder blogger Indonesia ini sebagai penulis pemula.
➤Relationship ...........
Personal branding yang baik akan mampu menciptakan suatu relasi yang baik dengan pembaca. Semakin banyak atribut-atribut yang dapat diterima oleh blogger dan semakin tingginya tingkat kepercayaan, menunjukkan semakin baiknya tingkat relasi yang ada pada personal branding tersebut. MARI kita saling Blog Walking yaa.....sesama penggemar Blogger yuks kita komen saling support dan sharing.
ini dia berbagi tentang seorang penulis juga harus memiliki Personal Branding agar menjadi diri sendiri yang dipercaya pembaca, wokey....tunggu ulasan selanjutnya......
#edisi menyusul materi 1
#Mohon maaf tidak bisa mengikuti
materi karena di awal saya tidak
masuk grup why full
#Materi ini adalah campuran dari nara sumber dan yang lainnya
#Mudafiatun Isriyah
Support Om Jay
BalasHapusmantap bunda...
BalasHapusSupport Om Jay
BalasHapusResume Ibu Mudafiatun memang keren dan bermanfaat
BalasHapusSemangattt kawan2 blogger
BalasHapusKeren mbkyu��
BalasHapus