Senin 23 Maret 2020
Judul: Interaksi Belajar Online Bagaikan Sepasang Sepatu
Oleh: Mudafiatun Isriyah
"SEPASANG SEPATU"
Bentuknya tidak persis sama namun serasi
Saat berjalan tak pernah kompak, tapi tujuannya
sama
Tidak pernah mengganti posisi namun saling
melengkapi
Tidak pernah ganti pasangan walau sudah usang dan
dimakan usia
Sederajat, tidak ada yang merasa lebih tinggi atau
lebih rendah
Bila yang satu hilang yang lain tidak memiliki arti
Tidak pernah saling injak ataupun saling tendang
Walau tidak pernah jalan bergandengan selalu satu
depan yang lain dibelakang, tetapi juga tidak pernah tinggalkan satu sama lain
Saat santai dan istirahat selalu bersama berdampingan
kadang-kadang saling tertindih, (filosofi sepasang sepatu).
Pengaruh kuat keberhasilan mahasiswa dalam berinteraksi online secara profesional, sosial, dan lingkungan pendidikan sangat bervariasi, tidak hanya tergantung pada lingkungan tetapi juga metode komunikasi dimana komunikasi terjadi. Dalam berkomunikasi dengan media sosial bahwa komunikasi online kurang mendukung aspek personal karena saluran internet tidak mengakomodasi sinyal nonverbal yang dibutuhkan dalam menjalin interaksi interpersonal.
Melakukan komunikasi secara tatap muka, para pelaku
komunikasi cenderung lebih bayak menggunakan bahasa nonverbal untuk
berkomunikasi, seperti suara, raut wajah, intonasi, jarak, dsb. Teori yang
mendukung komunikasi ini adalah sosial presence (teori
kehadiran sosial) seperti yang di ungkapkan oleh Short, Willias, and Christie
(1976). Sosial presence theory (teori kehadiran sosial)
adalah derajat dimana seseorang menerima orang lain pada kenyataan sesungguhnya
yaitu sebagai individu dan seluruh interaksi yang didalamnya terdapat
nilai-nilai ikatan hubungan saling timbal balik.
Pandangan mengenai kehadiran sosial terjadi proses hubungan aktivitas komunikasi pada peran
partisipasi mahasiswa. Proses bimbingan sebenarnya sudah sejak jaman dulu,
adanya bimbingan dalam bentuk nasihat, petuah dan sebagainya. Namun membutuhkan
bimbingan yang lebih bersifat professional. Beberapa faktor yang perlu
diperhatikan adalah: (1) perkembangan, perubahan dan kemajuan jaman yang
memberi permasalahan tantangan maupun tuntutan baru kepada individu, (2)
goyahnya nilai-nilai, norma-norma dan sistem nilai dunia yang telah menjadi
pedoman akibat akulturasi kebudayaan, (3) perkembangan teknologi yang
menggoncangkan dunia kerja sehingga mempersatukan proses persiapan memasuki
kerja (Dewiki, 1995).
Pebelajar jarak jauh perlu bimbingan, karena mereka adalah dunia yang penuh
dengan kesukaran, tantangan dan godaan. Mereka dalam stimulasi fisik misalnya
bisa marah atau bahagia atas ketercapaian yang diperoleh, merasa kecewa, gagal
belajar, simpatik dan tidak simpatik, sikap bersaing dan tidak suka bersaing
pada hasil yang diperoleh, sikap suka pamer atau menonjolkan untuk kebanggaan
almamater. Pada masa ini orang seakan-akan berani menghadapi apa pun dan
hidupnya penuh harapan, hanya seringkali sering lupa keseimbangan. Kekecewaan
yang dialami, godaan yang tidak dapat diatasi, kajatuhan (baik dalam studi
maupun pergaulan) dapat menghancurkan masa depan mahasiswa (Dewiki,
1995).
Kajian tentang layanan bimbingan dan konseling secara online melalui
materi kehadiran sosial yang membantu memotivasi tentang wawasan kehadiran
sosial secara luas baik yang menyangkut cara berinteraksi maupun manfaat
kehadiran sosial. Materi kehadiran sosial akan dipaparkan tujuan dan fungsi
serta langkah-langkah kehadiran sosial bagi mahasiswa pebelajar e-learning.
Semakin tinggi derajat kehadiran sosial mahasiswa akan semakin profesional
dalam menentukan sikap, mengakibatkan ketuntasan belajar mahasiswa
membaik. Selain itu sistem di perguruan tinggi yang menyebabkan mahasiswa
kurang diperhatikan misalnya sifat-sifat pribadi beserta pergumulan batinnya
yang kurang mendapat tempat yang akhirnya akan mempengaruhi keberhasilan
studinya. Ketercapaian sistem belajar jarak jauh menuntut mahasiswa belajar
mandiri, prakarsa sendiri, menerapkan pengalaman belajarnya di lapangan
sendiri. Sehingga dibutuhkan layanan bimbingan dan konseling dalam bentuk
layanan bimbingan sikap-sikap sosial yang dapat membantu proses belajar pada
kegiatan tutorial tatap muka (TTM), tutorial online atas
permintaan, bimbingan praktek/praktikum.
Nilai kebutuhan adanya Bimbingan dan Konseling, dalam standar kompetensi
bimbingan dan konseling yaitu aspek perkembangan kematangan intelektual dan
mahasiswa diharapkan dapat mengambil keputusan dan pemecahan masalah atas dasar
informasi/data secara obyektif. Dari paparan ini menunjukkan bahwa sistem
pengelolaan pembelajaran menjadi isyarat sangat berpengaruh pada mutu hasil
belajar. Perlunya bimbingan dan konseling agar dapat membantu mengoptimalkan
kesiapan dosen, kesiapan mahasiswa dalam pembelajaran online.
Bimbingan online bisa diistilahkan dengan bimbilon, banyak fitur yang akan ditawarkan. Selain materi tentang wawasan kehadiran social, dilakukan bimbingan melalui fasilitas e-mail, what’s up, facebook, instagram bahkan berbicara atau bertatap muka melalui fasilitas teleconference (video-conference). Dengan tujuan meningkatkan ketuntasan belajar, berbagai macam gagasan, sumber daya pengajaran dan pembelajaran, teknik dan inovasi, bisa dilakukan melalui layanan ‘bimbilon’.
Menurut pendapat (Lowenthal, 2014) bahwa kehadiran sosial menjadi sangat populer bagaimana mahasiswa berinteraksi secara sosial dalam lingkungan komunikasi online. Kehadiran sosial merupakan konsep psikologi sosial yang didasarkan pada interaksi sosial yang berhubungan dengan perilaku baik dan buruk. Akibatnya informasi emosional mempengaruhi pembentukan sikap dan perilaku dalam kontek komunikasi. Teori kehadiran sosial seseorang menerima orang lain sebagai individu dan seluruh interaksi yang terdapat nilai-nilai ikatan hubungan timbal balik (Kim, 2016). Kehadiran sosial dalam perkembangan perilaku menunjukkan aspek perkembangan kematangan intelektual yang dapat meningkatkan pemahaman akan keragaman alternatif keputusan dan konsekwensi yang dihadapinya.
Filosofi sepasang sepatu sebagai peran kehadiran sosial antara mahasiswa
pembelajar jarak jauh dengan kebutuhan internet kunci suksesnya belajar daring.
Dalam ranah ilmu Bimbingan dan Konseling dikembangkan dengan model
bimbingan online (bimbilon) baik individu maupun
kelompok.
#Bimbilon kunci sukses belajar jarak jauh dalam ranah
BK
#Bimbilon dan Social Presence
#Mudafiatun Isriyah
Komentar
Posting Komentar