Langsung ke konten utama

KIAT - KIAT BUKU LARIS MANIS (12)

Jumat, 27 Maret 2020

Tema: Strategi Pemasaran
Nara Sumber: Wijaya Kusuma

Oleh: Mudafiatun Isriyah



Setelah OmJay membagikan materi pada malam hari tanggal 26 Maret 2020 dan menghimbau untuk dibaca dan besok jam 10.00-12.00 akan dijelaskan sama Om Jay. Ternyata pengalaman wawasan OmJay dalam menulis sangat banyak. Banyak Penulis setelah menerbitkan bukunya berakhir tragis. Bukunya tdk laku jual dan akhirnya diobral. Sebab mereka tak punya strategi pemasaran buku secara jitu dan tak mau belajar ttg pentingnya marketing utk buku.

Kreativitas dan Imajinasi
3 cara menjadi kaya di usia muda
  1. Terlahir dari keluarga kaya
  2. Kawin dengan anak orang kaya
  3. Jadilah orang yang kreatif & berkarakter
Strategi Memasarkan buku
  1.  Memanfaatkan media elektronik
  2.  Memasang iklan 
  3. Mengadakan bedah buku
  4.  Menggelar konferensi pers
  5.  Mengadakan komunikasi dengan resensator 
  6.  Memanfaatkan kolega m
  7. Memanfaatkan kesempatan (https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/55006d9d 8133119c17fa784f/strategi-pemasaran-buku)
Kata Om Jay: Hidup itu singkat
Siti Rohmani Rauf (Penulis Buku)


Percaya diri

5 K Pengaruhi dunia

Aktivitas Belajar


Pemanfatannya agar belajar yang menyenangkan dan misalnya
melakukan misalnya UNBK
Selain itu bisa bertemu
Bertemu Mendikbud Anies Baswedan, Bertemu presiden Jokowi, Bersama Pak JK di Global TV

4 kekuatan Manusia
  1. Pikiran
  2. Perkataan
  3. Perasaan
  4. Perbuatan
Ali Bin Abi Tholib: Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya.



Pengalaman Om Jay menulis ada di : http://wijayalabs.com                            http://kompasiana.com

Empat Strategi Pemasaran Buku Terjual Laris

Strategi pemasaran penjualan buku ajar perlu memperhatikan empat faktor. Berbicara tentang marketing salah satu profesi yang banyak dihindari, namun paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan.  Apapun itu bentuk perusahaannya. Bagi seorang penulis buku, terutama penulis buku yang menerbitkan buku secara indie dan PoD penting menguasai strategi pemasaran buku.
Ada empat strategi pemasaran buku agar terjual laris. Keempat tersebut meliputi splace, product, price dan promotion.

Place, Tempat Yang Strategis
Setiap orang itu pada dasarnya seorang marketing. Salah satu kunci kesuksesan marketing adalah memperhatikan place atau tempat. Pemilihan tempat yang strategi, tentu akan meningkatkan hasil penjualan buku. Tempat yang strategis memudahkan untuk dijangkau dan dikenal. Tidak hanya itu, lokasi yang strategis juga salah satu cara menjaring pelanggan.

Place dalam arti luas tidak berbicara tentang dunia lokasi penjualan. Termasuk membicarakan tentang kegiatan penyaluran produk berupa barang dan jasa berupa distribusi ke produsen dan ke konsumen.

Lokasi pemasaran melibatkan beberapa pelaku. Mulai dari tim marketing, agen, retailer dan distributor. distribusi menjadi poin penting dalam strategi pemasaran untuk menjaga ketersediaan barang dan jasa yang diperlukan oleh konsumen dalam waktu dan tempat yang tepat. Percuma jika lokasi strategi namun tidak diimbangi dengan ketersediaan yang memadai.

Strategi pemasaran mengandalkan tempat saja tidak cukup. Perlu adanya strategi distribusi buku dengan cara lain. Misalnya bisa mengandalkan media sosial, membuat website khusus dan sebagainya. Untuk mencapai titik ini, kita perlu memilih saluran distribusi secara terencana dan tepat. Misalnya melakukan survei dan riset terlebih dahulu. Selama melakukan riset, ada beberapa hal yang dicatat, yaitu mencatat sifat pembeli, sifat perantara, sifat produk, pesaing dan faktor harga.

Price, Harga yang Kompetitif

Harga kompetitif tentu akan menarik perhatian konsumen. Tidak heran jika pelaku marketing menetapkan harga  dengan cara memberikan diskon. Diskon dijadikan icon untuk menarik minat dan perhatian calon pembeli. Meskipun diskon tersebut diberikan dengan syarat tertentu.
Penentuan harga dapat digunakan sebagai media competitor dengan produsen yang serupa. Pernah mengamati dan membandingkan toko buku satu dengan toko buku yang lain? toko Z misalnya, menjual buku dengan harga lebih mahal. Sedangkan toko X menjual dengan harga lebih murah dari toko Z. Hasilnya, konsumen memilih tokoh Z yang lebih murah, meskipun merelakan jarak lebih jauh.
Di dalam strategi pemasaran buku terdapat tiga cara menetapkan harga. Pertama, cost oriented pricing, yaitu penetapan harga berdasarkan pendekatan biaya produksi. Cost oriented pricing dibagi menjadi tiga metode, yaitu metode penetapan harga biaya plus, penetapan harga mark-up dan target pricing.
Metode penetapan harga berdasarkan biaya plus sering digunakan dalam perusahaan produksi. Penentuan harga biaya plus dapat dilakukan dengan cara biaya total + laba = harga jual. Sedangkan metode penetapan harga mark-up untuk menentukan harga jual dengan cara harga beli + mark up. Metode yang terakhir adalah target pricing yang dilakukan berdasarkan tingkat pengembalian investasi yang diinginkan.
Kedua, demand-oriented pricing atau penetapan harga berdasarkan pendekatan kebutuhan dan permintaan. Metode ini sering ditentukan berdasarkan situasi tertentu. Ketiga, competition oriented pricing merupakan penetapan harga berdasarkan pendekatan persaingan pemasaran. Persaingan harga ini paling sering ditemui. Terutama untuk buku-buku yang sifatnya homogen.
Penepatan harga buku dapat ditentukan dengan dua metode. Yaitu metode perceived value pricing dan sealed bid pricingPerceived value pricing salah satu upaya menetapkan harga setingkat rata-rata pasar. Sedangkan sealed bid pricing penetapan harga berdasarkan pada tawaran oleh pesaingnya.
Product, Mutu Product
Mutu produk sebagai indikasi strategi pemasaran. Kualitas produk menentukan jumlah permintaan. Mutu produk yang jelek dibandrol dengan harga sesuai dengan kualitas produk, berlaku untuk sebaliknya. Namun, jika yang terjadi mutu produk jelek dibandrol harga tinggi, tentu akan berpengaruh terhadap minat konsumen, dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penurunan pengunjung.
Menjaga prodak menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan strategi pemasaran. Dengan kata lain, menjaga kualitas prodak menjadi prioritas pertama. Jika penjualan di bidang buku, kualitas produk bisa saja masalah pengepakan dan penjilidan. Kecacatan dalam buku hal yang umum terjadi masalah tentang punggung buku yang tidak erat, jenis kertas dan masalah sepele lainnya.
Promotion, Kecepatan Promosi
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan promosi. Diantarannya 
  1. harus berani untuk ditolak, 
  2. cepat dalam menawarkan dan memiliki inisiatif menawarkan.
  3. Menjadi seorang memiliki strategi pemasaran handal 
  4. berpengalaman tidak pernah takut ditolak. 
  5. Belajar dari seorang sales yang jalan kaki menawarkan produk dari rumah satu ke rumah lain. 
  6. Jaminan, mereka lebih banyak ditolak daripada diterima. 
  7. Namun mereka tetap menawarkan produknya.
Promosi yang baik adalah promosi yang tepat sasaran. Untuk mencapai tepat sasaran, perlu kreativitas. Selain kreativitas, konsistensi dalam melakukan promosi itu penting. pentingnya konsistensi dapat mempengaruhi minat pelanggan.
Banyak cara menciptakan kreativitas, tidak melulu memberikan diskon.
meningkatkan minat konsumen dengan membuat promosi lebih kreatif dan menarik.
Jika Anda memiliki buku indie, tidak ada salahnya menerapkan strategi pemasaran buku ini. Jika berhasil, maka keuntungan hasil penjualan buku bisa 100%. Barangkali, berawal dari sinilah yang akan mengantarkan kita menjadi seorang marketing handal. 
Apakah Anda sedang atau ingin menulis buku? Dengan menjadi penulis (https://penerbitdeepublish.com/). Di publish, buku Anda kami terbitkan secara gratis. Anda cukup mengganti biaya cetak. Silakan isi data diri Anda (https://penerbitdeepublish.com/features/daftar-menjadi-penulis-buku/

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang menulis anda dapat melihat Artikel-artikel berikut:
Penulis baru kebanyakan lebih memilih penerbit indie daripada penerbit mayor. Hal ini bisa dipahami karena seleksi ketat dari Penerbit mayor. Kita akan merasakan sakitnya penolakan.
Pengalaman Om Jay bila buku diterima dengan baik oleh penerbit besar rasanya senang sekali karena mereka juga punya tenaga pemasaran atau marketing yg banyak.
Teknik Pemasaran menurut: Mukhofas Al-Fikri

25 macam Ide: Cara atau Strategi Pemasaran Buku dan Contoh Mempromosikan Buku yang Menarik Serta memukau

Pemasaran itu sangat penting untuk mengenalkan produk kita agar dikenal luas oleh masyarakat baik lewat media internet maupun non internet.
Orang yang tidak tahu pemasaran secara berkelanjutan maka yang diketahuinya hanya sekedar berpromosi hard
Sejatinya pemasaran itu sangat luas dan tak terasa cakupannya. Pemasaran berlaku untuk semua hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari termasuk saudara seorang penulis buku pemula hingga senior.
Bila saudara seorang penulis buku yang selama ini belum mengetahui trik / strategi pemasaran buku / ebook / karya saudara agar orang lain tahu.
Aku menyajikan strategi yang sudah diketahui saja, bila saudara kreatif dan inovatif malah akan mendapatkan strategi baru dalam mempromosikan buku.


1. Email
Email merupakan salah
Pernahkah saudara menggunakan email yang aktif dan sering dibuka oleh penggunanya?
Email sangat ampuh juga untuk mempromosikan buku saudara. Hal yang harus saudara lakukan bila ingin mempromosikan buku via email adalah harus mendapatkan restu dari pemilik email yang bersangkutan.
Jangan sampai pesan yang dikirim dianggap spam dan tidak bermanfaar bagi mereka. Jadi saran Mukhofas saudara harus membangun hubungan baik yang membuat saudara dikenal dengan baik oleh mereka. Jadilah teman baik hingga pada akhirnya nanti tidak menganggap orang sudah dikenal bukan orang asing.
Bagaimana caranya mempromosikan buku via email?

Bisa menggunakan tool email marketing yang akan mengirim kampanye promosi buku saudara ke semua daftar email yang telah saudara tambahkan atau ada pemirsa situs website blog yang berlangganan email newsletter yang mana mereka memasukkan email di tempat yang tersedia di situs website blog saudara. Bila hal itu tidak ada sama sekali di blog saudara bisa segera ditambahkan dan kumpulkan sebanyak-banyaknya database email pemirsa situs blog saudara.
Ada banyak tool email marketing, rata – rata itu tidak gratis, setiap bulan harus membayar paket pengiriman email marketing secara serentak untuk kampanye promosi buku saudara.
  • 30 daftar Email Marketing untuk keperluan Kampanye Promosi
  • Cara Menggunakan Email Marketing Gratis Mail Chimp
2. Mengadakan Bedah Buku

Bedah buku merupakan juga sarana ampuh untuk mengenalkan buku saudara kepada khalayak agar mendapatkan perhatian pemirsa calon buyer buku saudara (fiksi / nonfiksi)
Ada banyak model bagaimana cara mengadakan bedah buku ini

Cara Bedah Buku Offline

Kita berusaha melobi penerbit buku bila yang bersangkutan bersedia untuk melakukan bedah buku  kita yang saudara itu laris / best seller yang bisa memberikan royalti kepada saudara bukan?

Tidak Cuma dari penerbitan saja cara mengadakan bedah buku, bila kita ditawari untuk mengisi suatu forum / seminar di kampus pada sebuah universitas baik terkemuka maupun tidak yang terkait dengan tema buku kita berpartisipasilah karena ini merupakan gerbang terbuka untuk mengenalkan buku saudara lebih banyak lagi.

Cara Bedah Buku Online

Saudara bisa membuat grup atau komunitas pembaca buku saudara di facebook, WhatsApp, Telegram, Line untuk mengenal lebih dekat pembaca buku dengan saudara selaku penulisnya.
Bisa pula membuat bedah buku online di grup WhatsApp, saudara mencari pemirsa yang tertarik ingin ikut menyimak materi bedah buku yang saudara adakan. Ketika materi sudah disampaikan dipersilahkan anggota grup untuk  bertanya jawab atas materi buku saudara itu
Sehingga dengan ini setidaknya buku saudara dikenal oleh anggota grup WhatsApp itu. Jangan lupa pada akhir acara dibuka siapa saja yang ingin membeli buku langsung dari penulisnya

3. Mengadakan Jumpa Pers
Jumpa Pers itu seperti seperti jumpa antara penulis dengan media yang mau meliput. Seperti seorang pejabat pemerintah mengadakan jumpa pers dengan beberapa media untuk meliput dan dipublikasikan di media.
Tentu hal ini sangat menguntungkan bila kita seorang penulis untuk mendapatkan jumlah pemirsa calon pembeli buku kita.

4. Mengadakan Komunikasi dengan Resentator
Sadar atau tidak sadar peresensi / resentator buku memiliki peran bagus untuk mengomunikasikan agar buku lebih dikenal lagi ke masyarakat. Peresensi buku yang memiliki  blog dan pemirsa blog sangat tinggi setiap harinya juga memiliki pengaruh buku saudara dikenal dan dibeli pemirsa situs blog yang membaca itu.
Jadi jangan sepelekan seorang blogger (penulis blog) resensi yang seperti ini walaupun saudara mungkin belum tahu sama sekali dampaknya.

1.      Memanfaatkan kolega juga berarti memanfaatkan teman yang sudah kita kenal dengan baik untuk membantu menyebarkan buku kita ke kolega yang memiliki banyak teman.

Carannya ada banyak sekali. Dimulai menyuruh teman untuk menceritakan isi buku milik kita pada suatu grup di WhatsApp maupun pada acara kopdar / temu darat dengan banyak orang pun juga bisa dilakukan.

Bisa juga bila saudara punya seorang teman penulis blog (blogger) yang memiliki tema / topik blog membahas resensi buku untuk minta tolong diulas di blognya. Hal ini tentu akan menguntungkan buku saudara.
Tapi jangan kita yang mau diuntungkan dan bikin repot, tapi kita juga harus bisa memberikan keuntungan balik apa yang harus mereka (kolega dapatkan)
Dengan kerjasama untung sama untung maka akan lebih bagus itu untuk menjajaki promosi  / kampanye buku saudara.

6. Memanfaatkan Kesempatan
Contoh memanfaatkan promosi buku saudara: Mukhofas membuat sebuah pembatas buku yang menarik yang terbuat dari kertas tebal sebagaimana kertas pada kartu nama
Mukhofas membuat dengan sangat menarik sehingga membuat orang yang melihat begitu terkesima dan penasaran.
Nah setelah pembatas buku ini jadi dan dicetak dalam jumlah cukup banyak (misal 1 box) Mukhofas menyebarkan dan menyelipkan di buku perpustakaan yang sering dibaca dan pinjam atau juga bisa diselipkan di buku yang terbuka dan bisa dibaca di toko buku pada buku laris / best seller.
Siapa tahu mereka benar benar melihat pembatas buku yang Mukhofas taruh itu dan mencari buku bila ada stoknya di toko buku itu. 
Bisa juga menyelipkan semua buku pada perpustakaan sekolah / kampus, pilihlah buku yang sering dibaca dan banyak dipinjam daripada buku yang tidak sama sekali.
Membagikan Stiker / Pembatas buku menarik pada setiap orang yang sangat saudara kenal atau orang baru juga akan memberikan impak yang baik apabila hubungan positif  (komunikasi) dan mengesankan berhasil dibentuk oleh saudara dengan yang saudara beri stiker tersebut

7. Membuat E-Book Yang Menarik Calon Prospek secara Gratis
Hampir sebagian besar orang sangat menyukai hal – hal yang berbau gratisan.
Tidak menutup kemungkinan ebook yang gratis dan menarik serta sangat dibutuhkan target akan menjadi lead magnet (daya tarik)
Jangan membuat ebook asal – asalan dan tidak menarik itu sama saja tidak akan menarik bagi yang dibutuhkan target.
Didalam ebook itu selipkan tentang katalog buku saudara dan tautan / link resensi buku ke blog / notes facebook.
Jika ebook yang saudara buat bermanfaat dan bisa berpotensi viral dan dishare oleh orang lain di blog berbasis download otomatis ebooknya diunduh oleh banyak orang yang mencari informasi berbentuk ebook.
Itu juga berarti pengunduh itu mungkin jadi melihat informasi seputar buku saudara yang telah diselipkan didalam ebook tersebut.

8. Bagikan Stiker dan Kartu Nama
Untuk stiker buatlah yang menarik dan daya pikat.
Salah satu cara yang ampuh, buatlah stiker cetak timbul cukup besar untuk ditempel di kaca belakang mobil saudara / angkot / minibus / bus besar atau mobil milik oramg lain yang bersedia untuk ditempeli stiker pemasaran buku saudara.
Semenarik apapun tanpa isi yang pas dan tepat tidak ada apa – apanya, sehingga saudara membutuhkan skill membuat headline yang bisa bertindak sesuai keinginan saudara. Maka dari itu dibutuhkan skill teknik Copywriting.
  • Cara Menulis Copywriting yang bisa Bertindak
  • Teknik Copywriting
Untuk kartu nama saudara juga harus memperhatikan juga agar terlihat menarik, jangan asal membuat kartu nama yang biasa dan ala kadarnya. Saudara harus kreatif yang bisa meningkatkan branding saudara selaku penulis buku dan seorang blogger tentunya.
  • 10 Contoh Kartu nama kreatif untuk blogger / penulis / pelaku bisnis
 9. Membuat brosur yang Menarik dan Memukau
Untuk membuat brosur juga harus kreatif jangan sekedar isinya doang dan terkesan promosi mulu tanpa memberikan manfaat bagi yang membaca brosur tersebut. Jika saudara jago copywriting dan hypnowriting tentu akan sangat membnantu.
Jika target yang dibidik dalam brosur dijadikan obyek sasaran yang tidak manusiawi  (menderita) mereka tidak akan tertarik dengan promosi brosur iklan buku saudara.
Brosur untuk mempromosikan bisa berbentuk resensi / review / ulasan yang menarik yang harus diketahui orang yang membaca brosur itu.

Tentu ini sangat tergantung dari jenis buku apa yang saudara tulis / karang. Bila itu seputar novel atau kumpulan cerpen kisah cinta yang dibalut dengan cara – cara islam brosur bisa ditempel di majalah dinding setiap sekolah SMP – SMA di daerah saudara maupun ditempat lain yang bisa saudara jangkau.
Seperti yang Mukhofas tekankan tadi, menarik dan ketika orang hendak membaca brosur pertama kali tertarik itu kuncinya. Bila tidak tertarik gagallah cara saudara memasarkan buku dengan cara menggunakan media brosur.

10. Bekerjasma dengan Perpustakaan baik Khusus maupun Umum
Itu juga bisa dijadikan tempat yang tepat untuk menyebarkan popularitas buku saudara. Tidak usah mengarapkan uang, jadikan itu sebagai amal baik bila buku karangan saudara sarat dengan nilai – nilai kebaikan.
11. Promosikan di facebook/Twitter/Tumblr/IG dan sejenisnya.
12. Membuat Blog Tour.
13. Buat Buku Trailer.
14. Bagikan Teaser Buku Saudara.
15. Buat dan Sebarkan Photo Quotes Buku Saudara.
16 Buat Latar Belakang /Sejarah Berproses Buku Saudara.
17 Bekerjasama Dengan Blogger Buku.
18 Jangan Berpaku pada Promosi Online.
19. Manfaatkan Komunitas yang Tertarget.
20 Testimoni Tokoh / Pembaca.
21. Berdayakan Media Lokal (Koran / Radio).
22. Pasang Cover dan Banner di Semua Sosial Media Saudara.
23. Mengadakan Kuis di Media Sosial.
24. Buat Merchandise Terkait Buku Kita

Merchandise ini sangat banyak ragamanya. Mukhofas akan membahas sebagian saja.
1. Buat Pin / Gantungan Kunci terkait buku saudara
2. Tote Bag
3. Jaket, Kaos, dan Hoodie

Strategi Pemasaran menurut Johan Wahyudi: https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/55006d9d8133119c17fa784f/strategi-pemasaran-buku

Strategi Pemasaran Buku Bahan Ajar: https://penerbitdeepublish.com/cara-menerbitkan-buku-strategi-pemasaran-buku-ajar/

5 Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan: https://www.astamediagroup.com/blog/5-strategi-pemasaran-untuk-meningkatkan-penjualan.html

Kesimpulan:
  1. Manfaatkan media sosial utk memasarkan buku. 
  2. Pasang iklan di media arus utama seperti koran dan majalah. 
  3. Adakan bedah buku.
  4. Menggelar konferensi pers 
  5. Ajak komunikasi dengan peresensi buku kita.
  6. Manfaatkan kolega atau teman baik serta komunitas maupun individu.
  7. Manfaatkan kesempatan yg ada dan biasanya OmJay jualan buku saat menjadi narsum
#buku laris manis tergantung dari strategi penulis dan penerbit
#manfaatkan semua media yang ada di sekitar semudah mungkin
#doa kita agar Covid19 segera berakhir aamiin 
#Mudafiatun Isriyah




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI (32)

Rabu, 29 April 2020 Tema: BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI Nara Sumber: Dr Uswadin                        Pengembang Labschool                        Ketua IKA UNJ, Kabid Pend.ISNU DKI Jakarta                        https://uswadinlabschool.blogspot.com/ Judul: Menulis Menulis Menulis Setiap Hari Oleh: Mudafiatun Isriyah         'Bermanfaatlah untuk sesama' ( Uswadin ) Assalamualaikum wr wb Profil:                                            Brebes, 15 Maret 1968 Pendidikan MP S3 UNJ Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 Pengembang Labschool UNJ Menikah dikarunia 2 anak Tinggal di Matraman Jakarta Timur Email: dinuswa15@gmail.com Motto Bermanfaatlah untuk sesam Bismillahirrohmanirrohiimm, Selamat menunaikan ibdah puasa semoga senantiasa di Rahmatan Lillalaamiinn, aamiinn Salam hangat Bapak Uswadin Memulai membuka materinya nya dengan membarikan draf tulisan di buku notes kecil.

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BUKU ELEKTRONIK (eBOOK) DENGAN GOOGLE DOC

Era digital saat ini sudah saatnya digantikan buku elektronik sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Dikenal dengan nama ebook , atau buku digital versi elektronik. Bisa simpan dalam smartphone lho. Buku beratus-ratus halaman bisa disimpan dalam bentuk digital. Itulah yang disebut ebook. Membuat ebook merupakan salah satu usaha untuk melestarikan literatur. Namun yang berbentuk buku jumlahnya banyak dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Dengan melakukan tranfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik merupakan cara yang tepat dan hemat. Saat ini cara orang membaca buku sudah berubah. Membaca buku lebih mudah bisa membaca dimana saja, tanpa membawa perangkat besar seperti tas dan lain-lain. FUNGSI DAN MANFAAT EBOOK Sebagai media informasi Mengungkapkan gagasan atau ide baru KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EBOOK . Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun Yang pasti adalah aman dan abadi. Bisa gratis dan mudah didapat Murah Nah ini dia kekurangannya. Hanya a

BONDING DENGAN KUCING INI CARANYA.

Rabu, 1-April 2020 Tema: Kucing Oleh: Mudafiatun Isriyah 'Kucing Menunggui Majikannya Di Kuburan' Tantangan siang ini OmJay menyampaikan menulis tentang Kucing, yukss siappppp. Dengan penuh semangat semua peserta grup berusaha untuk memenuhi tantangan tersebut. Ada yang langsung respon ada juga yang belum baca grup. Yang pasti dengan semangat semua peserta akan memenuhi tantangan OmJay. Baik ayukk simak dulu yaa… Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Menurut riwayat hadist yang pernah saya baca. Dan menurut salah satu sumber bahwa rata-rata kucing hidup antara 12 hingga 15 tahun, tergantung pemeliharaan baik di rumah ataupun di luar. Bahkan bisa mencapai 21 tahun harapan kucing hidup jika dipelihara dengan baik. Percaya atau tidak kalau kucing mempunyai ikatan batin ( bonding ) dengan pemilik jika dirawat sejak kecil dan dekat dengan pemiliknya. Menurut Klause dan Kennel (2009) bonding itu adalah interaksi orang tua dengan bayi. Kucing berada