Langsung ke konten utama

BIMBILON CARAKU BELAJAR SAAT PANDEMI COVID19

Sabtu, 28 Maret 2020

Tema: Antologi Corona

Oleh: Mudafiatun Isriyah

"Corona atasi dengan ikhtiar dan tawakkal" (Iez,2020)



Sejak wabah corona tersebar se antero garis khatuliswa Indonesia, negara kita turut siaga dalam menangani dengan serius. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa negara dalam keadaan bencana covid19, seluruh pelajar dan mahasiwa dirumahkan dan seluruh elemen masyarakat di himbau untuk belajar di rumah, bekerja di rumah dan ibadah di rumah. 

Terbersit dengan kata Bimbilon.
Apa Bimbilon. Bimbilon adalah istilah dari Bimbingan online. Di era generasi 4.0 ini  memanfaatan tekhnologi sebagai proses pembelajaran sudah dilakukan belajar secara virtual atau belajar jarak jauh. Mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, Mahasiswa dan seluruh masyarakat bisa menggunakan Bimbilon sebagai alat untuk melakukan proses pembelajaran. Bimbilon ini memiliki karakter utamanya adalah upaya melakukan interaksi. Pembelajaran online jika tidak ada kemauan dan kesadaran sendiri melakukan interaksi, maka proses pembelajaran itu gagal. Pengetahuan harus diperoleh dan tertanam dalam konteks sosial sendiri sebagai proses diri. (CoI)



Istilah interaksi pembelajaran online perlu kenal apa yang namanya social presence (kehadiran sosial). Dalam standar kompetensi Bimbingan dan Konseling yaitu pada aspek kematangan intelektual siswa/mahasiswa. Pada saat proses pembelajaran online pebelajar harus bisa mengambil keputusan diantara beberapa persoalan yang dihadapi atas dasar informasi atau data yang diterima. Paparan ini menunjukkan bahwa sistem pengelolaan pembelajaran diri menjadi isyarat sangat berpengaruh pada mutu hasil belajar. Perlunya Bimbingan Online (Bimbilon) untuk membantu mengoptimalkan kesiapan pebelajar, kesiapan guru/dosen dalam pelaksanaan belajar online.


Menurut pendapat (Lowenthal, 2014) bahwa kehadiran sosial menjadi sangat populer bagaimana siswa/mahasiswa berinteraksi secara sosial dalam lingkungan komunikasi online. Kehadiran sosial merupakan konsep psikologi sosial yang didasarkan pada interaksi sosial yang berhubungan dengan perilaku baik dan buruk. Akibatnya informasi emosional mempengaruhi pembentukan sikap dan perilaku dalam kontek komunikasi. Teori kehadiran sosial seseorang menerima orang lain sebagai individu dan seluruh interaksi yang terdapat nilai-nilai ikatan hubungan timbal balik (Kim, 2016). Kehadiran sosial dalam perkembangan perilaku menunjukkan aspek perkembangan kematangan intelektual yang dapat meningkatkan pemahaman akan keragaman alternatif keputusan dan konsekwensi yang dihadapinya

Fenomena Covid19 akan berdampak pada proses pembelajaran tatap muka, sehingga di himbau semua aktivitas bisa dilakukan dengan media online. Ikatan psikologis siswa pada guru, mahasiswa pada dosen ketika proses pembelajaran online perlu ditampakkan pada saat belajar virtual terjadi. Teori Kehadiran Sosial (Social Presence) akan merubah paradigma dalam belajar bahwa belajar online itu sulit. Bimbilon memotivasi kemauan siswa/mahasiswa ketika belajar online, memberi wawasan secara covert dan overt, meningkatkan kualitas pembelajaran, mengadakan komunikasi secara intens, mengarahkan cara mengambil keputusan agar terampil dan bisa memecahkan masalahnya sendiri terutama dalam hal menyerap informasi secara online.

Fitur-fitur yang ditawarkan dalam Bimbilon adalah diawali dengan memberikan wawasan pentingnya kehadiran sosial yang dimiliki oleh pebelajar online. Dengan memanfaatkan aplikasi dan sosial media kehadiran sosial (Social Presence) melalui Bimbilon dapat diterapkan dengan tujuan untuk menuntaskan semua kompetensi yang diharapkan, berbagai macam gagasan, sumber daya pengajaran, teknik dan inovasi, baik secara individu maupun kelompok. Bimbilon berfungsi sebagai layanan online dengan menggunakan aplikasi-aplikasi dan sosial media untuk menyampaikan pesan melalui pendekatan secara psikologis.

Menjadi sangat tepat ketika pemerintah menghimbau pembelajaran secara online dan dengan  pendekatan bimbilon digunakan sebagai cara untuk membantu menyelesaikan ketuntasan belajar secara lebih mandiri.

Kesimpulan:
Bimbilon adalah cara untuk meningkatkan kehadiran sosial siswa/mahasiswa untuk mencapai ketuntasan belajar dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Melakukan Join Together
  2. Motivating
  3. Building Commitments to Implement 
  4. observing and evaluating
Demikian papaparan singkat mengenai apa itu bimbilon. Bimbilon cara cerdas mengatasi mudahnya belajar online menghadapi covid19 ini, agar semua kompetensi yang diharapkan tercapai.

Referensi:

Kim, J. S. (2016). Broadening The Understanding of Social Presence Implications and Contributions
In The Mediated Communication and Online Education. Computers in Human Behavior, 65, 672-679. https://doi.org/10.1111/jcal.12107.

Lowenthal, P. R. (2014). Social Presence: What Is It? How do we measure it? New York: UMI Diesrretation Publishing.

Isriyah, M. (2020). Studi Bimbingan Online Pada Peningkatan Ketuntasan Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa Jarak Jauh. Malang.


#teori kehadiran sosial
#bimbilon cara cerdas belajar virtual
#Mudafiatun Isriyah

Komentar


  1. Yang paling utama adalah kesadaran masyarakat harus tinggi peka dan cerdas menghadapai Pandemi Corona yang semakin merajalela ....mantap tulisan nya jangan bosan terus menulis...... wassalamu'alaikum....

    BalasHapus
  2. Bagus bu, bagi yang peserta didiknya mampu hal ini dapat di lakukan dengan baik. Apabila peserta didiknya tidak mampu guru tak dapat berbuat banyak. Selain banyak berdoa "Semoga wabah corona yang melanda dunia cepat berlalu."

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI (32)

Rabu, 29 April 2020 Tema: BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI Nara Sumber: Dr Uswadin                        Pengembang Labschool                        Ketua IKA UNJ, Kabid Pend.ISNU DKI Jakarta                        https://uswadinlabschool.blogspot.com/ Judul: Menulis Menulis Menulis Setiap Hari Oleh: Mudafiatun Isriyah         'Bermanfaatlah untuk sesama' ( Uswadin ) Assalamualaikum wr wb Profil:                                            Brebes, 15 Maret 1968 Pendidikan MP S3 UNJ Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 Pengembang Labschool UNJ Menikah dikarunia 2 anak Tinggal di Matraman Jakarta Timur Email: dinuswa15@gmail.com Motto Bermanfaatlah untuk sesam Bismillahirrohmanirrohiimm, Selamat menunaikan ibdah puasa semoga senantiasa di Rahmatan Lillalaamiinn, aamiinn Salam hangat Bapak Uswadin Memulai membuka materinya nya dengan membarikan draf tulisan di buku notes kecil.

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BUKU ELEKTRONIK (eBOOK) DENGAN GOOGLE DOC

Era digital saat ini sudah saatnya digantikan buku elektronik sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Dikenal dengan nama ebook , atau buku digital versi elektronik. Bisa simpan dalam smartphone lho. Buku beratus-ratus halaman bisa disimpan dalam bentuk digital. Itulah yang disebut ebook. Membuat ebook merupakan salah satu usaha untuk melestarikan literatur. Namun yang berbentuk buku jumlahnya banyak dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Dengan melakukan tranfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik merupakan cara yang tepat dan hemat. Saat ini cara orang membaca buku sudah berubah. Membaca buku lebih mudah bisa membaca dimana saja, tanpa membawa perangkat besar seperti tas dan lain-lain. FUNGSI DAN MANFAAT EBOOK Sebagai media informasi Mengungkapkan gagasan atau ide baru KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EBOOK . Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun Yang pasti adalah aman dan abadi. Bisa gratis dan mudah didapat Murah Nah ini dia kekurangannya. Hanya a

BONDING DENGAN KUCING INI CARANYA.

Rabu, 1-April 2020 Tema: Kucing Oleh: Mudafiatun Isriyah 'Kucing Menunggui Majikannya Di Kuburan' Tantangan siang ini OmJay menyampaikan menulis tentang Kucing, yukss siappppp. Dengan penuh semangat semua peserta grup berusaha untuk memenuhi tantangan tersebut. Ada yang langsung respon ada juga yang belum baca grup. Yang pasti dengan semangat semua peserta akan memenuhi tantangan OmJay. Baik ayukk simak dulu yaa… Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Menurut riwayat hadist yang pernah saya baca. Dan menurut salah satu sumber bahwa rata-rata kucing hidup antara 12 hingga 15 tahun, tergantung pemeliharaan baik di rumah ataupun di luar. Bahkan bisa mencapai 21 tahun harapan kucing hidup jika dipelihara dengan baik. Percaya atau tidak kalau kucing mempunyai ikatan batin ( bonding ) dengan pemilik jika dirawat sejak kecil dan dekat dengan pemiliknya. Menurut Klause dan Kennel (2009) bonding itu adalah interaksi orang tua dengan bayi. Kucing berada