Langsung ke konten utama

MERDEKA MENULIS (9)

Minggu, 15 Maret 2020

Tema: Mengapa Menulis
Nara sumber: Bp. Dudung Nurullah Koswara
Judul: Merdeka Menulis
Oleh: Mudafiatun Isriyah


"Ketika antibiotik menolak antivirus maka jagalah silaturrahim" 


Menetapkan alarm jam 02.00. Di hari Minggu jam 01.45 telepon berdering, Budi sahabatku menelpon, ok siap prepare kataku. Jam 02.20 telepon berdering, ok On The Road. Percakapan ini menunjukkan tanda serius bergabung berangkat menuju Kottta Blater Kab. Jember.

Kata Silah yang artinya hubungan dan rahim artinya kerabat. Untuk itu rasululloh memerintahkan agar umat islam menjaga dan menyambung kekerabatan khususnya bagi sesama muslim. Berawal dari silaturrahim online WAG Delima (keluarga alumni SMPN 1Kab. Lumajang tahun 1985), terbentuklah panitia dadakan untuk menindaklanjuti silaturrahim ke saudara D5 yang ada di desa  Blater yaitu saudara Nike Tri Wijayanti. Dilakukan survey lapangan terlebih dahulu, dinyatakan Pantai Canga'an layak untuk dilakukan gowes D5fams.


Bersama mak-mak D5 fams, sarapan dan makan siang sudah terkoordinir dengan baik termasuk dengan Nike kecil manis sang tuan rumah. Dengan kesadaran saling berbagi yang sekiranya tidak memberatkan. Persiapan berangkat dengan berdoa bersama dipimpin oleh Cipto. Start di Cafe Teras Kali Lulus.

Sampailah dikota tujuan dengan melakukan sholat berjamaah Subuh di masjid terdekat. Rombongan dengan 4 unit mobil dan satu mobil pick up untuk mengusung peserta gowes D5fams. Peserta gowes termasuk si kecil Gadis peserta terkecil dalam keadaan sehat walafiat.
Mengusung kebersamaan mereka bergembira ria tak kenal lelah walau tak terasa sampai kurang lebih 8 km perjalanan gowes dilalui. Semangat mereka tak memudar walau melewati jalan licin berkelok kelok. Setiap jembatan mereka berhenti untuk melakukan momen kebersamaan. Tiga jembatan besar dilalui dan dua jembatan kayu yang sudah lapuk juga dilalui. Semakin menambah rasa kekeluargaan D5 fams mereka membantu merangkai jembatan kayu ditata kembali sebagai jalan mobil pick up untuk dilalui.

Waktu berjalan terus sambil teriring suhu panas matahari sepanjang jalan menuju pantai Canga'an. Semangat tetap membara, celoteh si Gadis: kacamata tante Iez sama dengan punyaku, itu menunjukkan bahwa kacamata tante Iez model yang juga disenangi anak-anak. Semangatt ya Gadis koleksi nya sama yaakk. Terus berjalan bersepeda tanpa lelah si kecil maupun yang dewasa. Semangat silaturrahim dalam keluarga Delima alumni 1985 SMPN 1  Kab. lumajang terus dan selamanya akan mengait saling menguatkan. Dengan mengabaikan COVIDD5Fams yang saat ini lagi menurun akibat salah satu anggota delima yang kena virus ENNEG.
Selamat berbahagia Budi sahabatku. Hasil kerja keras bersama TIM sukses delima fams gowes silaturrahimi Pantai Canga'an menuai sukses. Sesampainya di tepi pantai semua berbahagia dengan wajah yang kusut diiringi jantung bernafas tersendat sendat. Sang kameramen satu Lulus mulai beraksi. Kameramen dua Wahyu juga sibuk menata alat-alat foto dan mencari view yang diinginkan.

Para kameramen bekerja secara profesional untuk mengambil view-view bagus. Sukses selalu DELIMAFams. Ikatan ini tak akan hangus oleh waktu tak akan lekang oleh jabatan, semua membaur menjadi satu yaitu keluarga delima family. Lega puas senang dan bahagia terpampang di raut wajah peserta gowes. Satu yang sedikit jahil sadar kamera nya luntur ketika saat menikmati udara segar sambil tertiup ke badan dan tertidurlah,  beruntung mulut tidak terbuka alias doweh kata orang jawa.

Badan menjadi segar kembali ketika terhenyak dari mimpi sesaat. Mulailah untuk persiapan kembali ke rumah Nike untuk menikmati bakso buatan Stessar yang nikmat sekali. Dengan membawa sepeda kembali. Dipinggir pantai, semua sepeda di tuntun (jawa) menuju ke post mobil pick up agar di angkut karena suhu udara sangat panas dan terasa badan sudah lelah. Namun ada beberapa yang masih fighter tetap melaju dengan bersepeda. Sungguh indahnya pantai Canga'an, suatu saat kita bersua kembali memelihara silaturrahim dengan keluarga D5 di sana.
Mas Agus dengan gagahnya membawa para peserta gowes bersama sepedanya untuk kembali makan siang. Es campur buah menghilangkan dahaga dan rasa panas, namun tidak bisa di bendung suhu udara tanpa ada kipas angin membuat para peserta gowes melepas bajunya. Indahnya kebersamaan disini. Panas lelah tak dihiraukan sambil menikmati hidangan kue ringan dan buah pisang. Bakso sudah habis semangkuk satu persatu mulailah melaksanakan sholat dhuhur di gubuk kecil mungil yang kebetulan menempati rumah dinas PTP perkebunan karet di kota Blater Kab. jember.

Terima kasih Nike telah menerima kami sebagai keluarga besar D5.  Hanya Allah lah yang membalasmu. Jika Allah berkehendak suatu saat nanti kami keluarga besar D5 akan datang kembali dengan cerita dan moment yang berbeda. Ucapan terima kasih tak terhingga buat mas Stessar dan Pak Rosyid yang telah berkenan menerima kami selama sehari di kediaman sahabat Nike. Selamat bersilaturrahim kembali di kota yang lain.

Alhamdulillah kami keluarga besar sudah tiba di masing-masing kota, terima kasih kameramen Lulus dan Wahyu TIM panitia Didik, Cipto, Huri, Budi beserta keluarga dan selamat jalan sampai Malang Mba Inon, dan bertemu kembali di moment dan kisal D5fams berikutnya, Alhamdulillah sukses.

Kenangan bersama keluarga D5
Harpit
suami Harpit
Cipto dan Mba Ar

Cipto yunior
Mama Gadis
Papa Gadis
Mashuri
Herman dan Pak Rosyid
Mba Inon

om Lulus...ajarin tik tok ya Gadis
Inoeng


#delimafams
#menjalain persahabatan
#@Mudafiatun Isriyah# 16032020

Komentar

  1. Fotoku koq nggak onok...👍👍👍

    BalasHapus
  2. Untung Mr Eneg tidak lagi menjadi viral di Group D5 Family. Shg foto foto yg masuk blog ini sangat bagus dan cantik walaupun panas matahari menyengat.

    BalasHapus
  3. mantap. is.
    Ide yg bagus dan kreatif 👍👍👍👍

    BalasHapus
  4. Apik tibak e isssss .....lanjut kannnnn....

    BalasHapus
  5. Sangatttt luaarrr biasa hikmah dari virus enneg, Budi semakin bersemangatt

    BalasHapus
  6. Ndak iso go blog.....go jlog ae wz ...Embud ....e he he he

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Bagus komentarnya keluarga Delima Semoga tetep utuh persaudaraan menjalin Silahturohim Tetep Kompak dan Semakin jaya maturnuwon semua mau main ke pinggir Alas.

    BalasHapus
  9. Keren pakai banget mbk ayuku😘

    BalasHapus
  10. Aku mesti kancriiit maaak..... hiks

    BalasHapus
  11. Ayoo silakan ekspresine tuangkan disini mr enneg ga muncul lagi

    BalasHapus
  12. Kalau yg nulis org berilmu tulisannya akan enak dibaca..dan santun.
    Wah seru ya.seneng ngeliat ketulusan n kekompakan klrg D5..sdh jelas tak bisa dipisah2kan lg deh kalau spt itu..
    Tp sptnya ada bbrp yg kurang dimasukkn sbg info buat kmi yg cm melihat..misal..siapa dibalik semua itu..ide siapa..dan kulihat kaosteam 40-60 yg keren ikut mengantar perjlnan yg asyik itu yaa..critain jg dong..siapa sukarelawan yg paling sibuk utk keseragaman itu..dan bgmn..apa ada kurirnya...?..apa lewat post bu? Byk jg itu lo.atau diambil...so pasti ada pejuang tnp diongkos yaaa...siapa dia?.dan itu makanan..hmm pasti so nyumi...brp jemari yg dg ikhlas meracik mengiris menguoas dan pasti ada yg masih ngulek yaa...siaapaa dong..hrsnya difoto sekalian..jg hasilnya..kali2 bisa order nnti..hehehe..tp coba aku boleh kan terka...pasti binek2 D5 kaan...dan tdk lupa jg..D5 cantik..brterimaksihlah ukt suami2 yg baik yg ikut mendukung semua acara
    .tnpa ijin dan kebaikan ht mrk..kita ibu2 D5 tdk mungkin mas Agus ngnterin Nur C..Tutik..Pithie..dan lainnya..pastinya special buat tuan rmh yg rendah hati menerima semua saudaraD5 dg sgl kekurangannya...pasti..kita byk kekurangannya..tp itulah..dg cinta kita esemua menjadi sempurna..daaannn ini perjalanan tdk cuma semeter atau 2 meter..pasti ada istirahatnya..sholat dll..apakah ada jg dr tmnku yg bertugas menjaga sepeda..tukang parkir jeeee mksd ee...dan aku bisa bilang sukarelawan maning...tulis dong nama2 saudara'i kita yg berjasa...mrk adlh pahlawan yg tdk kelihatan...sdh komen y salam sayang dan kompak selalu buat semua

    BalasHapus
  13. In syaa Allah sebentar lagi nggowes di kota lain,.. buat tulisan lagi ya mik....bagus tulisannya ( lulus )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss aq tunggu yaaberita gowes nya biar aq menulis tiapp hari

      Hapus
  14. Wooo view nya bagus banget sayang ku cuma sebentar disana sekejap mata hanya Melepaskan lelah aku balik lagi TDK dengan bersepeda lagi tapi naik pick up
    Pengalaman yg tak pernah terlupakan bagaimana tidak naik ke pick up nya susah banget , akhirnya aku sendiri yg tetap diatas pickup dengan sederet sepeda teman2 Jian uji nyali ketika melewati jembatan kayu deg deg an TDK membayangkan klau jatuh makpruk bersama setumpuk sepeda ,tapi Alhamdulillah bisa terlewati dgn baik walau agak susah juga,kesuwun ya pak supir Mas Agus
    Eh ternyata ada yang Vidio kan kepanikan ku ,jok di viralkan mb inti icin aq

    BalasHapus
  15. Yeeeee Mba Ar Kerenn. Terima kasih telah mengunjungi rumah blog saya yesssaa belajar dan travelling teruss ben sehattt

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI (32)

Rabu, 29 April 2020 Tema: BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI Nara Sumber: Dr Uswadin                        Pengembang Labschool                        Ketua IKA UNJ, Kabid Pend.ISNU DKI Jakarta                        https://uswadinlabschool.blogspot.com/ Judul: Menulis Menulis Menulis Setiap Hari Oleh: Mudafiatun Isriyah         'Bermanfaatlah untuk sesama' ( Uswadin ) Assalamualaikum wr wb Profil:                                            Brebes, 15 Maret 1968 Pendidikan MP S3 UNJ Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 Pengembang Labschool UNJ Menikah dikarunia 2 anak Tinggal di Matraman Jakarta Timur Email: dinuswa15@gmail.com Motto Bermanfaatlah untuk sesam Bismillahirrohmanirrohiimm, Selamat menunaikan ibdah puasa semoga senantiasa di Rahmatan Lillalaamiinn, aamiinn Salam hangat Bapak Uswadin Memulai membuka materinya nya dengan membarikan draf tulisan di buku notes kecil.

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BUKU ELEKTRONIK (eBOOK) DENGAN GOOGLE DOC

Era digital saat ini sudah saatnya digantikan buku elektronik sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Dikenal dengan nama ebook , atau buku digital versi elektronik. Bisa simpan dalam smartphone lho. Buku beratus-ratus halaman bisa disimpan dalam bentuk digital. Itulah yang disebut ebook. Membuat ebook merupakan salah satu usaha untuk melestarikan literatur. Namun yang berbentuk buku jumlahnya banyak dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Dengan melakukan tranfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik merupakan cara yang tepat dan hemat. Saat ini cara orang membaca buku sudah berubah. Membaca buku lebih mudah bisa membaca dimana saja, tanpa membawa perangkat besar seperti tas dan lain-lain. FUNGSI DAN MANFAAT EBOOK Sebagai media informasi Mengungkapkan gagasan atau ide baru KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EBOOK . Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun Yang pasti adalah aman dan abadi. Bisa gratis dan mudah didapat Murah Nah ini dia kekurangannya. Hanya a

BONDING DENGAN KUCING INI CARANYA.

Rabu, 1-April 2020 Tema: Kucing Oleh: Mudafiatun Isriyah 'Kucing Menunggui Majikannya Di Kuburan' Tantangan siang ini OmJay menyampaikan menulis tentang Kucing, yukss siappppp. Dengan penuh semangat semua peserta grup berusaha untuk memenuhi tantangan tersebut. Ada yang langsung respon ada juga yang belum baca grup. Yang pasti dengan semangat semua peserta akan memenuhi tantangan OmJay. Baik ayukk simak dulu yaa… Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Menurut riwayat hadist yang pernah saya baca. Dan menurut salah satu sumber bahwa rata-rata kucing hidup antara 12 hingga 15 tahun, tergantung pemeliharaan baik di rumah ataupun di luar. Bahkan bisa mencapai 21 tahun harapan kucing hidup jika dipelihara dengan baik. Percaya atau tidak kalau kucing mempunyai ikatan batin ( bonding ) dengan pemilik jika dirawat sejak kecil dan dekat dengan pemiliknya. Menurut Klause dan Kennel (2009) bonding itu adalah interaksi orang tua dengan bayi. Kucing berada