Langsung ke konten utama

KLIK IBU BAHAGIA, INILAH BELAJAR ONLINE UNTUK PAUD

Sabtu, 29 Maret 2020

Tema: Belajar Online Masa Pandemi Covid19

Oleh: Mudafiatun Isriyah

"Belajar sambil bermain, bermain seraya belajar"

Disaat kita berfikir bagaimana mengatasi covid19 ini, terbersit dalam pikiran bagaimana pendidikan anak usia dini yang saat ini juga mengalami belajar di rumah. Akankah terurus bagaimana aspek perkembangannya di teruskan sang ibu di rumah. Kebetulan artikel saya sebelumnya ada yang menanggapi tentang Bimbilon bisa diterapkan mulai dari PAUD sampai PT. Sahabat Asesor dari Madiun bertanya, bagaimana implementasi Bimbilon bagi PAUD? Pertanyaan sangat menarik di saat guru PAUD membutuhkan layanan pembelajaran dari rumah. Dalam penelitian saya tentang Bimbilon untuk meningkatkan Kehadiran Sosial. Bagaimana Kehadiran Sosial bisa di dapatkan pada anak PAUD. Akankah anak PAUD sudah bisa di ajak untuk berkomunikasi lewat sosial media? seberapa pentingkah Kehadiran Sosial bagi anak PAUD? Inilah yang perlu disampaikan pada penggemar  dan pembaca sekalian yang budiman.

Baik akan saya jelaskan seperti apa Kehadiran Sosial dibutuhkan pada anak PAUD.
Kita tahu bagaimana enam (6) aspek perkembangan anak akan dikembangkan pada masa Golden age. Akankah tersentuh dan terangsang sensorik anak ketika guru melakukan pembelajaran online? akankah aspek perkembangan anak bisa tumbuh dan berkembang? Ini jawabannya ada pada makna Kehadiran Sosial. Mari kita simak dulu bagaimana Kehadiran Sosial bekerja. 

Karena pengaruh kuat keberhasilan anak dalam berinteraksi online, sosial, dan lingkungan pendidikan sangat bervariasi, tidak hanya tergantung pada lingkungan tetapi juga metode komunikasi dimana komunikasi terjadi. Dalam berkomunikasi dengan media sosial bahwa komunikasi online kurang mendukung aspek personal karena saluran internet tidak mengakomodasi sinyal nonverbal yang dibutuhkan dalam menjalin interaksi interpersonal. 

Pandangan mengenai kehadiran sosial terjadi proses hubungan aktivitas komunikasi pada peran partisipasi dalam komunikasi. Bagaimana anak bisa melakukan komunikasi online? Saat Pandemi Covid19 menggema di bumi tanah air kita, anak PAUD semua dirumahkan. Kesempatan ini agar anak tetap melakukan pembelajaran maka solosinya adalah salah satunya dengan memanfaatkan ibunya (orang tua) anak. Klik Ibu Bahagia merupakan sebuah layanan atau pemanfaatan sosial media sebagai alat terhubung dengan orang tuanya.

Proses layanan Klik Ibu Bahagia, adanya proses layanan dalam bentuk nasihat, petuah dan penyampaian materi baik dalam Whatsaap grup maupun pribadi sesuai dengan RPPH yang sudah dibuat. Namun membutuhkan bimbingan yang lebih bersifat professional. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah: (1) perkembangan, perubahan dan kemajuan jaman yang memberi permasalahan tantangan maupun tuntutan baru kepada anak, (2) goyahnya nilai-nilai, norma-norma dan sistem nilai dunia yang telah menjadi pedoman akibat akulturasi kebudayaan, (3) perkembangan teknologi yang menggoncangkan dunia anak sehingga mempersatukan proses persiapan memasuki langkah selanjutnya  (Dewiki, 1995). 

Kesimpulan:
Klik Ibu Bahagia adalah cara untuk meningkatkan kehadiran sosial PAUD untuk pencapaian enam aspek perkembangan (aspek agama, kognitif, sosial emosional, bahasa, fisik motorik dan seni) dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Melakukan Join Together
  2. Motivating
  3. observing and evaluating
Demikian papaparan singkat mengenai apa itu Klik Ibu Bahagia. Cara ini solosi cerdas mengatasi mudahnya belajar online menghadapi covid19, agar semua aspek perkembangan tercapai. 

Referensi:


Dewiki, d. S. (1995). Kegiatan Bimbingan dan Konseling Pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik universitas Terbuka (FISIP UT) Studi Kasus Mahasiswa FISIP UPBJJ Palembang. Perpustakaan Universitas Terbuka.

Isriyah, M. (2020). Studi Bimbingan Online Pada Peningkatan Ketuntasan Menyelesaikan Tugas Akhir Mahasiswa Jarak Jauh. Malang.


#teori kehadiran sosial
#Klik Ibu Bahagia cara cerdas belajar virtual
#Mudafiatun Isriyah





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI (32)

Rabu, 29 April 2020 Tema: BELAJAR BELAJAR BELAJAR MENULIS SETIAP HARI Nara Sumber: Dr Uswadin                        Pengembang Labschool                        Ketua IKA UNJ, Kabid Pend.ISNU DKI Jakarta                        https://uswadinlabschool.blogspot.com/ Judul: Menulis Menulis Menulis Setiap Hari Oleh: Mudafiatun Isriyah         'Bermanfaatlah untuk sesama' ( Uswadin ) Assalamualaikum wr wb Profil:                                            Brebes, 15 Maret 1968 Pendidikan MP S3 UNJ Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 Pengembang Labschool UNJ Menikah dikarunia 2 anak Tinggal di Matraman Jakarta Timur Email: dinuswa15@gmail.com Motto Bermanfaatlah untuk sesam Bismillahirrohmanirrohiimm, Selamat menunaikan ibdah puasa semoga senantiasa di Rahmatan Lillalaamiinn, aamiinn Salam hangat Bapak Uswadin Memulai membuka materinya nya dengan membarikan draf tulisan di buku notes kecil.

LANGKAH MUDAH MEMBUAT BUKU ELEKTRONIK (eBOOK) DENGAN GOOGLE DOC

Era digital saat ini sudah saatnya digantikan buku elektronik sebagai sumber belajar yang menyenangkan. Dikenal dengan nama ebook , atau buku digital versi elektronik. Bisa simpan dalam smartphone lho. Buku beratus-ratus halaman bisa disimpan dalam bentuk digital. Itulah yang disebut ebook. Membuat ebook merupakan salah satu usaha untuk melestarikan literatur. Namun yang berbentuk buku jumlahnya banyak dan memerlukan biaya perawatan yang mahal. Dengan melakukan tranfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik merupakan cara yang tepat dan hemat. Saat ini cara orang membaca buku sudah berubah. Membaca buku lebih mudah bisa membaca dimana saja, tanpa membawa perangkat besar seperti tas dan lain-lain. FUNGSI DAN MANFAAT EBOOK Sebagai media informasi Mengungkapkan gagasan atau ide baru KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EBOOK . Dapat dibaca dimanapun dan kapanpun Yang pasti adalah aman dan abadi. Bisa gratis dan mudah didapat Murah Nah ini dia kekurangannya. Hanya a

BONDING DENGAN KUCING INI CARANYA.

Rabu, 1-April 2020 Tema: Kucing Oleh: Mudafiatun Isriyah 'Kucing Menunggui Majikannya Di Kuburan' Tantangan siang ini OmJay menyampaikan menulis tentang Kucing, yukss siappppp. Dengan penuh semangat semua peserta grup berusaha untuk memenuhi tantangan tersebut. Ada yang langsung respon ada juga yang belum baca grup. Yang pasti dengan semangat semua peserta akan memenuhi tantangan OmJay. Baik ayukk simak dulu yaa… Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Menurut riwayat hadist yang pernah saya baca. Dan menurut salah satu sumber bahwa rata-rata kucing hidup antara 12 hingga 15 tahun, tergantung pemeliharaan baik di rumah ataupun di luar. Bahkan bisa mencapai 21 tahun harapan kucing hidup jika dipelihara dengan baik. Percaya atau tidak kalau kucing mempunyai ikatan batin ( bonding ) dengan pemilik jika dirawat sejak kecil dan dekat dengan pemiliknya. Menurut Klause dan Kennel (2009) bonding itu adalah interaksi orang tua dengan bayi. Kucing berada